uefau17.com

Mengenal Simvastatin, Obat Kolesterol yang Viral Usai Disebut Barang Wajib Punya Saat Lebaran - Health

, Jakarta Obat kolesterol simvastatin mendadak viral di media sosial usai disebut-sebut sebagai barang yang wajib dimiliki saat Lebaran. Keramaian itu bermula ketika akun Twitter @SeputarTetangga mencuitnya.

"Must have item for Lebaran," tulis akun @SeputarTetangga lengkap dengan foto simvastatin melalui sebuah cuitan yang viral kemudian dihapus.

Ternyata, banyak yang percaya jikalau simvastatin dapat dengan mudah bekerja untuk menurunkan kolesterol tinggi. Lantas, apa sebenarnya simvastatin itu? Benarkah bisa cepat menurunkan kolesterol?

"Simvastatin itu obat penghambat produksi kolesterol," kata dokter spesialis penyakit dalam yang berdomisili di Surabaya, Adininggar Primadia Nariswari lewat pesan singkat ke Health- pada Minggu, 23 April 2023. 

 

Konsumsi Simvastatin Harus Dibarengi Gaya Hidup Sehat

Mengutip Klikdokter, Simvastatin masuk dalam kategori obat generik yang digunakan untuk mengatasi hiperlipidemia atau sebuah kondisi dimana partikel lemak dalam darah tinggi.

Selain itu, simvastatin dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Namun, simvastatin sendiri baru akan terlihat efeknya jika dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Konsumsi Simvastatin Harus di Bawah Pengawasan Dokter

Simvastatin pun sebenarnya masuk dalam golongan obat keras. Itulah mengapa konsumsinya tidak bisa sembarangan atau asal minum setelah makan makanan dengan kolesterol tinggi.

Konsumsi obat simvastatin harus dengan anjuran dan resep dokter. Dari anjuran dokter tersebutlah, Anda bisa tahu kadar dosis yang tepat untuk diminum.

"Semua obat bila dikonsumsi dengan indikasi yang tidak jelas, dosis yang tidak tepat, tidak di bawah pengawasan dokter, ya efek samping akan lebih mudah terjadi," kata Ning.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Simvastatin sebagai Obat Kolesterol

Petunjuk lain disampaikan oleh dokter spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, Andi Khomeini Takdir Haruni. Dokter yang akrab disapa Koko angkat bicara soal konsumsi simvastatin saat Lebaran.

Menurutnya, prinsip kerja simvastatin tidak semudah yang dibayangkan. Seolah hanya dengan meminumnya, kolesterol jadi turun.

"Ngga gitu juga prinsip kerjanya. Haha. Minum statin tidak untuk menangkal kolesterol yang tiba-tiba meningkat karena asupan high-fat diet di fase lebaran," ujar Koko dalam sebuah cuitan melalui akun @dr_koko28.

Koko menyebut, simvastatin memiliki cara kerja yang lebih lambat. Sehingga jika memang tujuannya untuk mencegah kolesterol, maka Anda bisa memakan yang lain untuk mengimbangi asupan.

"Dia (statin atau simvastatin) kerjanya lebih slow. Jika pun harus makan yang high-fat maka kawan kita adalah apel, bawang, tomat, tempe," kata Koko.

3 dari 4 halaman

Simvastatin Tak Boleh Diminum Tanpa Tahu Kondisi

Dalam kesempatan berbeda, dokter yang sudah lama aktif di Twitter melalui akun @blogdokter, I Made Cock Wirawan ikut angkat bicara. Dirinya menegaskan bahwa simvastatin merupakan obat keras.

"Lihat huruf K di dalam buletan merah? Itu artinya simvastatin adalah obat keras yang konsumsinya wajib atas anjuran dan resep dokter," ujar Made mengutip cuitannya pada Sabtu, 22 April 2023.

Made mengungkapkan bahwa huruf K dalam bulatan merah yang ada dalam simvastatin atau obat lain bisa dijadikan petunjuk jikalau obat tersebut sebenarnya obat keras.

Sehingga, menurut Made, konsumsinya tidak bisa sembarangan. Orang yang mengonsumsi simvastatin harus sudah tahu lebih dulu kondisi kolesterol dalam tubuhnya, bukan sekadar ikut-ikutan karena sedang Lebaran.

"Jangan minum obat ini hanya sekedar ikut ikutan tanpa tahu kondisi kolesterol yang ada di dalam tubuh," kata Made.

4 dari 4 halaman

Tak Sedikit yang Minum Simvastatin Sembarangan

Setelah viral karena mengunggah simvastatin yang disebut barang wajib untuk Lebaran, akun @SeputarTetangga menghapus cuitan aslinya.

Namun, hingga saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut maupun klarifikasi yang diberikan oleh akun tersebut terkait cuitan simvastatin yang viral.

Usai unggahan itu dibuat, ada juga beberapa warganet yang memberikan respons. Ada yang merasa selama ini mereka tersesat karena asal mengonsumsi simvastatin.

"Berarti selama ini saya tersesat," kata akun @n***a.

"Ku teringat di tas para sepuh-sepuh ada stok obat itu," ujar akun @m***6.

"Nggak gitu kali. Nggak sesimple itu," sambung warganet lain merespons soal simvastatin untuk cegah kolesterol Lebaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat