uefau17.com

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis, Ampuh, Cepat dan Permanen - Health

, Jakarta Gigi yang sehat dan putih berseri merupakan salah satu penunjang penampilan. Deretan gigi yang berwarna putih bersih akan membuat orang lebih merasa percaya diri. Senyuman manis yang memperlihatkan gigi yang putih dan bersih akan semakin menyempurnakan penampilan. Lain halnya dengan gigi kuning dan tidak sehat, selain akan mempengaruhi penampilan juga akan membuat minder. 

Pada dasarnya gigi kuning disebabkan oleh kebiasaan pola hidup yang nggak sehat seperti terlalu banyak minum kopi, merokok, serta mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Punya gigi kuning itu nggak enak banget. Selain bikin nggak pede, gigi kuning membuat malu saat hendak bicara pun malu saat ingin tersenyum. Situasi yang tidak menyenangkan bukan?

Gigi kuning seringkali dianggap sebuah masalah, oleh sebab itu banyak orang yang kemudian berbondong-bondong mencari cara memutihkan giginya kembali. Mereka berlomba-lomba mencari cara terbaik, bahkan segan-segan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan gigi yang menjadi dambaan mereka. Selain ke klinik, sebenarnya ada beberapa cara memutihkan gigi dengan cara alami lho. Yakni dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur. Jeruk nipis contohnya. Jeruk nipis sudah sejak lama digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab gigi kuning

Sebelum mengetahui cara memutihkan gigi, yuk terlebih dahulu simak beberapa penyebab gigi kuning.

1. Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

2. Kopi

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa menjadikan gigi menjadi kuning. Apalagi bila telah menjadi kebiasaan minum kopi, bahkan bisa menjadikan gigi hitam.

3. Kebiasaan merokok

Kandungan Nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

4. Jarang menyikat gigi

Jarang menggosok gigi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Karena sisa makanan pada gigi akan mengendap dan membuat gigi menjadi kuning. Oleh sebab itu rajin-rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

5. Cara menyikat gigi yang salah

Banyak orang sering tidak sadar telah menyikat gigi dengan cara yang salah. Ada sebagian yang beranggapan menyikat gigi agar mulut nggak bau. Ini adalah anggapan yang salah. Dengan menyikat gigi asal-asalan, maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan bisa terkikis dengan sempurna. Hal ini akan membuat kuman-kuman yang terdapat pada sisa makanan menyebabkan gigi menjadi kuning. Oleh karena itu, mulailah menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Nah, jika sudah mengetahui penyebab gigi kuning, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, cara memutihkan gigi dengan menggunakan jeruk nipis.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis:

3 dari 7 halaman

1. Mencampurkan jeruk nipis dengan garam

Cara memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan memadukan jeruk nipis dan garam. Garam memiliki berbagai kegunaan bagi mulut, di antaranya dapat menghilangkan bau tak sedap, membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi, serta membuat gusi lebih sehat.

Cara memutihkan gigi menggunakan jeruk nipis dan garam adalah:

1. Campurkan perasan 1 butir jeruk nipis bersama 1 sdm garam, aduk hingga rata

2. Gosokkan campuran tersebut ke gigi sebanyak 2x sehari.

Dengan perawatan yang rutin, gigi jadi lebih putih karena plak kian memudar.

4 dari 7 halaman

2. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang dicampur dengan baking soda

Baking soda merupakan bahan yang dapat ditemukan dengan mudah, baking soda memiliki sifat basa sehingga dapat membersihkan gigi dari noda. Kamu dapat mencobanya sebagai cara memutihkan gigi. Caranya:

- Siapkan baking soda 1/2 sdt

- campur dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis

- ratakan pada gigi dengan sikat gigi yang lembut

- diamkan selama 1-2 menit lalu bilas.

- Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Jangan terlalu sering menggunakan baking soda sebagai cara memutihkan gigi. Pasalnya kandungan baking soda dapat menyebabkan erosi pada lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

5 dari 7 halaman

3. Kombinasikan jeruk nipis dengan kunyit dan garam

Dalam jeruk nipis terdapat kandungan asam sitrat yang memiliki fungsi serupa dengan bleaching (pemutih). Berikut adalah cara untuk memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan kunyit dan garam. 

- Panggang kunyitnya terlebih dahulu selama beberapa menit.

- Setelah itu hancurkan sehingga menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata sampai terbentuk pasta bertekstur lembut.

- Aplikasikan ke gigi, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

- Lakukan cara ini dengan teratur untuk hasil yang optimal.

6 dari 7 halaman

4. Jeruk Nipis dan Lemon

Selain dapat digunakan sebagai bahan minuman dan makanan, jeruk nipis dan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi yang alami. Pasalnya, keduanya sama – sama mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan lemon: 

- Peras jeruk nipis dan lemon sampai masing – masing sebanyak satu sendok makan.

- Campur merata dan tambahkan sedikit garam, aduk.

- Gunakan sikat gigi yang ditaburi campuran ini untuk menyikat gigi.

- Kumur sampai bersih dengan air .

Kamu dapat melakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

7 dari 7 halaman

5. Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Zat pektin dan juga minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk berguna sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Selain bisa memutihkan gigi, kulit jeruk juga bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya:

- Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari

- Tumbuk hingga halusCampurkan dengan air hingga berbentuk pasta

- Gunakan sebagai pasta gigi

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat