uefau17.com

Sungai Thames Meluap, Banjir Nyaris Sentuh Benteng Ratu Elizabeth - Global

Ribuan rumah di tenggara Inggris kebanjiran. Banjir berasal dari meluapnya Sungai Thames meluap pada Senin 10 Februari waktu setempat.

Seperti dilansir dari Reuters, Selasa (11/2/2014), luapan Sungai Thames telah membanjiri kota-kota di tepi sungai hulu di London. Bahkan saking parahnya, Badan Lingkungan Hidup setempat mengeluarkan 14 peringatan banjir parah, yang juga berarti berisiko bagi Distrik Surrey dan Berkshire yang berada di sebelah barat London terkena luapan Sungai Thames.

Beberapa daerah di London sudah terendam banjir, termasuk bagian dari Great Windsor Park, dekat benteng Ratu Elizabeth II di Windsor. Padahal daerah itu dibangun di atas tanah yang lebih tinggi.

London yang dilindungi oleh dinding pelindung Sungai Thames (Thames Barrier), di pinggiran sebelah selatan ibukota Croydon, akhirnya mengumumkan rencana untuk mengalihkan air banjir akibat hujan deras jauh dari rumah dan bisnis dengan memompa mereka ke dalam gorong-gorong di atas tempat pejalan kaki.

Bagian dari barat daya dari Inggris telah tergenang banjir selama berminggu-minggu. Januari tahun ini menjadi yang terbasah sejak tahun 1766, dengan cuaca yang lebih buruk masih diperkirakan terjadi beberapa hari mendatang.

Peramal di Met Office mengatakan juga akan terjadi badai musim dingin, yang membawa hujan lebat dan angin kencang serta gelombang tinggi di pantai Inggris.

Musibah banjir ini ternyata memicu kritik orang-orang di Somerset, salah satu negara paling terpukul di barat daya. Mereka menyalahkan banjir terjadi akibat kegagalan Badan Lingkungan Hidup mengeruk sungai setempat. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Ilmuwan: Banjir di Inggris Akibat Perubahan Iklim Bukan `Kutukan`

London pun Sering Tak Berdaya Dihantam Banjir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat