uefau17.com

Kerangka Dinosaurus Apex Dilelang Rp721 M, Termahal untuk Sebuah Fosil - Global

, Jakarta - Fosil dinosaurus besar telah terjual senilai USD 44,6 juta atau sekitar Rp721 miliar di rumah lelang Sotheby's, New York. Nominal tersebut merupakan harga tertinggi alias termahal untuk sebuah fosil.

"Stegosaurus pemakan tumbuhan yang dijuluki Apex, memiliki tinggi 3,4 meter dan panjang 27 kaki terhitung dari hidung hingga ekor, dan menempati peringkat teratas di antara kerangka terlengkap yang pernah ditemukan", kata Sotheby's dilansir BBC, Sabtu (20/7/2024).

Benda tersebut dijual kepada seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan, "Apex lahir di Amerika dan akan tetap berada di Amerika" - yang dipandang sebagai petunjuk bahwa benda tersebut mungkin akan dipinjamkan ke sebuah lembaga di AS.

Apex ditemukan secara kebetulan oleh ahli paleontologi pada tahun 2022 di dekat Kota Dinosaur di negara bagian Colorado, AS bagian barat.

"Stegosaurus terbaik yang muncul di lelang, 'Apex', telah membuat sejarah hari ini [Rabu 17Juli] dengan terjual seharga USD 44,6 juta di Sotheby's dan menjadi fosil paling berharga yang pernah dijual di lelang," bunyi pernyataan Sotheby's.

Tujuh orang pembeli sempat mengambil bagian dalam proses penawaran fosil tersebut hingga akhirnya dimenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diyakini Hidup 150 Juta Tahun Lalu

Apex ditemukan oleh Jason Cooper, seorang pemburu fosil profesional.

Cooper menjulukinya Apex karena dimensinya yang besar akan menjadikannya hewan dominan di lingkungannya.

Apex diyakini telah menjelajahi planet ini sekitar 150 juta tahun yang lalu selama Periode Jurassic Akhir.

Rekor penjualan fosil dinosaurus sebelumnya terjadi pada tahun 2020, ketika seekor Tyrannosaurus Rex - yang dikenal sebagai Stan - terjual seharga USD 31,8 juta atau sekitar Rp514 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat