uefau17.com

NATO Janjikan Lebih Banyak Dukungan hingga Keanggotaan Penuh Ukraina - Global

, Washington D.C - Anggota NATO menjanjikan dukungan mereka demi mewujudkan keanggotaan Ukraina dalam aliansi tersebut di masa mendatang.

NATO juga menjanjikan lebih banyak bantuan pada Ukraina, dikutip dari BBC, Kamis (11/7/2024).

Meskipun jadwal resmi untuk bergabung dengan aliansi militer tidak disetujui pada pertemuan puncak di Washington D.C, 32 anggota aliansi militer mengatakan bahwa mereka memiliki dukungan "yang teguh" untuk upaya perang Ukraina.

NATO juga telah mengumumkan integrasi lebih lanjut dengan militer Ukraina dan para anggota yang berkomitmen memberikan bantuan sebesar 40 miliar Euro pada tahun berikutnya, termasuk jet tempur F-16 dan dukungan pertahanan udara.

Sekretaris Jenderal blok tersebut Jens Stoltenberg mengatakan: "Dukungan untuk Ukraina bukanlah amal. Itu adalah kepentingan keamanan kita sendiri."

Invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina menjadi agenda utama di pertemuan puncak NATO, dan sebuah deklarasi yang disetujui oleh semua anggota mengatakan bahwa Rusia "tetap menjadi ancaman paling signifikan dan langsung" terhadap keamanan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengonfirmasi bahwa jet F-16 buatan AS sedang dalam proses pemindahan ke Ukraina dari Denmark dan Belanda.

Ini akan menjadi pertama kalinya Ukraina menerima pesawat canggih tersebut, sesuatu yang telah lama diminta oleh Kyiv. Blinken mengatakan kepada KTT bahwa jet tersebut akan digunakan "musim panas ini".

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesepakatan NATO

Anggota NATO sepakat untuk membentuk unit baru untuk mengoordinasikan bantuan dan pelatihan militer bagi tentara Ukraina sebagai bagian dari langkah-langkah yang dirancang untuk memperdalam hubungan antara aliansi dan Ukraina.

Pernyataan bersama tersebut mengatakan bahwa langkah-langkah ini, dikombinasikan dengan komitmen bantuan dari masing-masing anggota, "merupakan jembatan menuju keanggotaan Ukraina di NATO".

Dikatakan bahwa Ukraina telah membuat "kemajuan konkret" pada "reformasi demokrasi, ekonomi, dan keamanan yang diperlukan" dalam beberapa bulan terakhir - tetapi undangan keanggotaan formal hanya akan diberikan jika "persyaratannya terpenuhi".

"Seiring Ukraina melanjutkan pekerjaan penting ini, kami akan terus mendukungnya dalam perjalanannya yang tidak dapat diubah lagi menuju integrasi penuh Euro-Atlantik, termasuk keanggotaan NATO," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Ia juga menuduh China sebagai "pendukung yang menentukan" bagi perang Rusia melawan Ukraina, dalam beberapa pernyataan paling kerasnya sejauh ini mengenai keterlibatan Beijing.

Hal ini memicu tanggapan marah dari misi Beijing ke UE, yang meminta NATO untuk "berhenti membesar-besarkan apa yang disebut ancaman China, dan memprovokasi konfrontasi dan persaingan".

3 dari 3 halaman

Kehadiran Zelenskyy

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diundang ke pertemuan puncak NATO dan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin dunia, termasuk pertemuan pertamanya dengan Sir Keir Starmer sejak ia menjadi perdana menteri Inggris.

Sir Keir memberi tahu Zelensky bahwa "tidak akan ada perubahan dalam dukungan" untuk upaya perang Ukraina meskipun ada pemerintahan baru di London.

Zelensky juga bertemu dengan politisi AS dari partai Demokrat dan Republik, sebuah langkah yang dirancang untuk menopang dukungan lintas partai bagi Ukraina setelah kebuntuan di Kongres awal tahun ini yang menyebabkan paket bantuan militer besar tertunda selama beberapa bulan.

Para pemimpin NATO berharap pertemuan puncak minggu ini akan memberikan kesempatan untuk menghadirkan front persatuan di Ukraina setelah perolehan Rusia yang sederhana di medan perang dalam beberapa bulan terakhir.

Mungkin ada sedikit kekecewaan di Kyiv karena tidak ada indikasi publik yang jelas tentang berapa lama sampai Ukraina ditawari keanggotaan penuh.

KTT tersebut - yang menandai peringatan 75 tahun berdirinya aliansi tersebut - diadakan beberapa bulan menjelang pemilihan umum yang dapat mempertemukan Donald Trump, seorang kritikus NATO, kembali ke Gedung Putih, dan di tengah masalah politik bagi Presiden AS Joe Biden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat