uefau17.com

Atasi Tingkat Kesuburan yang Menurun Drastis, Pemerintah Tokyo Luncurkan Aplikasi Kencan - Global

, Tokyo - Tingkat kesuburan masyarakat Jepang, yang telah mengalami penurunan drastis selama bertahun-tahun, kembali mencapai rekor terendah.

Merespons hal tersebut, pemerintah setempat telah berusaha keras untuk mengurangi dampaknya dengan meluncurkan badan-badan pemerintah baru yang fokus menangani masalah ini.

Dilansir CNN, Senin (10/6/2024), pemerintah telah meluncurkan inisiatif seperti memperluas fasilitas penitipan anak, menawarkan subsidi perumahan kepada orang tua, dan di beberapa kota, bahkan membayar pasangan untuk memiliki anak.

Terbaru, pemerintah Tokyo mencoba cara baru dengan meluncurkan aplikasi kencan yang dikelola pemerintah, yang sedang dalam tahap pengujian awal dan akan beroperasi penuh pada akhir tahun ini.

"Silakan gunakan ini sebagai ‘langkah pertama’ untuk memulai misi pernikahan," bunyi situs web aplikasi tersebut, seraya menambahkan bahwa sistem perjodohan AI disediakan oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo.

Pengguna diminta untuk mengikuti "tes diagnostik nilai", namun ada juga opsi untuk memasukkan sifat-sifat yang diharapkan dari calon pasangan.

"Berdasarkan nilai-nilai yang Anda cari dari seorang pasangan, yang dapat ditentukan dengan melakukan tes diagnostik, AI akan memperkenalkan Anda kepada orang yang cocok," lanjut pernyataan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Pengguna Aplikasi Kencan

Situs web tersebut menyatakan sejumlah syarat bagi pengguna termasuk harus berstatus lajang, berusia di atas 18 tahun, memiliki keinginan untuk menikah dan tinggal atau bekerja di Tokyo.

"Kami berharap setiap dari Anda yang ingin menikah akan memikirkan apa arti ‘berpasangan’ bagi Anda," bunyi pernyataan di web tersebut.

Web tersebut juga mencantumkan langkah-langkah pemerintah lainnya untuk mendukung pasangan menikah – seperti memberikan informasi mengenai keseimbangan kehidupan kerja, perawatan anak dan dukungan perumahan, partisipasi laki-laki dalam pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak, serta konseling karir.

Aplikasi ini turut menarik perhatian miliarder Elon Musk, yang menulis di X, sebelumnya Twitter.

"Saya senang pemerintah Jepang menyadari pentingnya masalah ini. Jika tindakan radikal tidak diambil, Jepang (dan banyak negara lainnya) akan lenyap!"

3 dari 4 halaman

Angka Kelahiran di Jepang Menurun

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Jumat (7/6), Jepang, negara berpenduduk 123,9 juta orang ini hanya mencatat 727.277 kelahiran pada tahun 2023.

Sementara tingkat kesuburan – yang didefinisikan sebagai jumlah total kelahiran yang dialami seorang perempuan sepanjang hidupnya – turun dari 1,26 menjadi 1,20.

Agar suatu populasi tetap stabil, diperlukan tingkat kesuburan sebesar 2,1. Jumlah di atasnya akan menyebabkan peningkatan populasi, dengan sebagian besar anak-anak dan dewasa muda, seperti yang terlihat di India dan banyak negara Afrika.

 

4 dari 4 halaman

Tingkat Kesuburan Jauh di Bawah Stabil

Namun di Jepang, tingkat kesuburan berada jauh di bawah angka stabil yaitu 2,1 selama setengah abad.

Menurut ahli, angka tersebut turun di bawah angka tersebut setelah krisis minyak global tahun 1973 mendorong perekonomian ke dalam resesi, dan tidak pernah pulih.

Tren penurunan ini semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir, dengan jumlah kematian yang melebihi jumlah kelahiran setiap tahunnya dan menyebabkan total populasi menyusut – dengan konsekuensi yang luas terhadap tenaga kerja, perekonomian, sistem kesejahteraan, dan tatanan sosial di Jepang.

Kementerian Kesehatan juga mencatat 1,57 kematian pada tahun 2023, lebih dari dua kali lipat jumlah kelahiran.

Sementara itu, jumlah angka perkawinan juga turun sebanyak 30.000 tahun lalu, sementara jumlah perceraian meningkat.

Para ahli mengatakan penurunan tersebut diperkirakan akan terus berlanjut setidaknya selama beberapa dekade dan sampai batas tertentu yang tidak dapat diubah karena struktur populasi negara tersebut. Bahkan jika Jepang ingin meningkatkan tingkat kesuburannya, populasinya akan terus menurun sampai rasio antara penduduk muda dan penduduk lanjut usia seimbang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat