uefau17.com

Gitar Rusak Milik Kurt Cobain Terjual Rp8,9 Miliar, Hampir 10 Kali Lipat dari Perkiraan Lelang - Global

, New York City - Sebuah gitar listrik yang dihancurkan dan ditandatangani oleh mendiang Nirvana Kurt Cobain telah terjual hampir 10 kali lipat dari nilai perkiraannya.

Fender Stratocaster berwarna hitam itu dijual seharga $595.000 atau setara dengan Rp8,8 miliar, saat dilelang di Hard Rock Cafe di New York City selama akhir pekan.

Melansir dari cnn.com, Selasa (23/5/2023), instrumen itu menjadi item utama dalam lelang selama tiga hari tentang potongan sejarah rock. Gitar, yang telah dipasang kembali tetapi tetap tidak dapat dimainkan, awalnya bernilai antara $60.000 dan $80.000, sekitar Rp891 juta hingga Rp1,1 miliar.

Popularitas Nirvana melonjak dengan album kedua mereka yang berjudul, "Nevermind". Dirilis pada September 1991, rekaman tersebut telah terjual lebih dari 1 juta kopi di AS pada akhir tahun itu.

Pada 1992, "Nevermind" mencapai slot No.1 di Billboard 200, dan telah menghabiskan 472 minggu bertengger di posisi tersebut.

Di tahun 1994, Kurt Cobain meninggal karena bunuh diri di puncak ketenarannya. Ketika dirinya berusia 27 tahun.

Menurut juru lelang Julien, yang melakukan penjualan, Cobain menghancurkan gitar itu "selama era Nevermind Nirvana," meskipun tidak ada rincian spesifik yang diberikan.

Instrumen rusak itu ditandatangani dengan tinta perak oleh ketiga anggota band, yaitu Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl.

Kurt Cobain juga menulis pesan di atas gitar itu, teruntuk teman dan sesama musisi Mark Lanegan dari Screaming Trees, yang sudah meninggal tahun lalu, dirinya mengatakan, "Hell-o Mark! Love, Your Pal, Kurdt Kobain / Washed up rockstar".

Selain itu juga terukir di pelat leher gitar kata-kata "Boddah Lives", mengacu pada teman khayalan masa kecil Cobain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barang Milik Cobain Lainnya juga Dilelang

Bukan hanya gitar, juga ada set list atau daftar lagu Nirvana yang dilelang, dan diyakini ditulis tangan dengan spidol merah muda oleh Grohl untuk pertunjukan band pada 17 April 1991 di OK Hotel di Seattle, Washington. Ini adalah penampilan debut hit terobosan mereka, "Smells Like Teen Spirit". 

Daftar lagu itu dijual seharga $50.800, (Rp756 juta), 12 kali lipat dari perkiraan awal, yang hanya $4.000 (Rp59 juta).

Lelang ini juga menampilkan poster berukuran besar untuk album "Nevermind", yang terjual seharga $10.400 (Rp154 juta), serta barang-barang dari banyak musisi terkenal lainnya, termasuk Elvis Presley, The Beatles, Freddie Mercury, dan Amy Winehouse.

Pada 2020, gitar yang dimainkan oleh Kurt Cobain selama penampilannya di "MTV Unplugged" tahun 1993 menjadi gitar termahal yang pernah dijual di lelang, dengan harga $6 juta (Rp89,1 miliar). Gitar Martin D-18E 1959 ditampilkan dalam pertunjukan terkenal Nirvana di New York, lima bulan sebelum kematian Kurt Cobain.

Gitar Kurt Cobain lainnya mengambil tempat kedua di lelang tahun 2020, ketika instrumen yang dimainkan dalam video "Smells Like Teen Spirit"---Fender Mustang 1969--- dijual seharga $4,5 juta (Rp66 miliar).

3 dari 4 halaman

Fantastis, Kardigan Bolong Kurt Cobain Terjual Rp 4,6 Miliar

Bukan hanya gitar rusak yang dilelang pada 2023, ternyata kardigan bolong milik Kurt Cobain laku terjual dengan harga fantastis yakni mencapai USD334 ribu (Rp4,9 miliar). 

Padahal baju usang itu sudah bolong kena asap rokok dirinya saat manggung di MTV Unplugged. Mungkin, ini adalah kardigan bekas termahal yang pernah terjual di dunia.

kardigan itu bermerk Manhattan dan tidak pernah dicuci sejak dipakai Kurt Cobain. Pemilik sebelumnya, Garret Kletjian, pernah membelinya seharga USD 137.500 empat tahun yang lalu.

"Kardigan itu adalah cawan suci dari seluruh pakaian yang pernah dia (Cobain) kenakan," ujar Darren Julien, CEO dan presiden rumah lelang Julien.

Julien menambahkan, inilah tampilan grunge orisinil sang legenda. Cobain tidak pernah menggunakan baju khusus tiap dirinya manggung.

Padahal, taksiran awal kardigan hijau termahal itu hanya sekitar USD 200 ribu hingga USD 300 ribu saja.

Pentas Nirvana di MTV Unplugged tahun 1993 diklaim sebagai penampilan Nirvana paling fenomenal beberapa bulan sebelum vokalis itu bunuh diri pada tahun 1994.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

6 Helai Rambut Kurt Cobain Dilelang Seharga Rp203 Juta

Bukan hanya gitar dan kardigan saja yang dilelang, kematiannya 27 tahun lalu tidak membuat Kurt Cobain hilang di hati para penggemarnya. Salah satu buktinya, yakni rambut pentolan band Nirvana ini masih laku terjual dengan harga sangat mahal.

hasil lelang enam helai rambut Cobain telah resmi terungkap. Pemenang tawaran membayar total senilai $14.145 (Rp210 juta). 

Iconic Auctions, rumah lelang yang menjualnya, menyatakan bahwa bagian terpanjang helaian rambut tersebut hanya sekitar enam centimere (cm). Helaian rambut tersebut didapat saat Cobain dan anggota lain band Nirvana berada di tur Bleach pada Oktober 1989.

Helaian rambut tersebut dilengkapi gambar potongan rambut yang menunjukkan Cobain bersama temannya, Tess Osbourne. Ia merupakan orang yang memotong rambut Cobain dan menyimpannya di dalam tas.

Potongan rambut tersebut kemudian diberikan pada artis Seattle Nicole DePolo setelah kematian Cobain. Dari sana, rambut tersebut kemudian jatuh ke tangan John Reznikoff, pemegang rekor Guinness untuk koleksi rambut bersejarah.

Baca selengkapnya di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat