uefau17.com

Chris Hipkins Terkonfirmasi Jadi PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern - Global

, Wellington - Partai Buruh (Labour Party) Selandia Baru telah mengonfimasi nama Chris Hipkins sebagai Perdana Menteri menggantikan Jacinda Ardern yang mengundurkan diri.

Sementara itu, politisi Carmel Sepuloni telah terpilih sebagai Wakil Perdana Menteri, demikian seperti dikutip dari NZ Herald, Minggu (23/1/2023).

Hipkins sendiri mengkonfirmasi bahwa Sepuloni telah dipilih sebagai wakilnya. Kelvin Davis akan terus menjadi wakil pemimpin Partai Buruh.

Perdana menteri baru akan memimpin konferensi pers pada pukul 3 sore.

Sementara itu, Sepuloni mengatakan; "Saya merasa sangat bersyukur," ketika media bertanya mengenai konfirmasi jabatan barunya.

Dipilihnya Sepuloni menandai pertama kalinya seseorang berdarah Kepulauan Pasifik naik ke jabatan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Bulat

 

Dikutip dari AP, Hipkins mendapat dukungan bulat dari anggota parlemen dari Partai Buruhnya setelah dia adalah satu-satunya kandidat yang mengikuti kontes untuk menggantikan Jacinda Ardern, yang mengejutkan negara itu pada hari Kamis ketika dia mengumumkan dia mengundurkan diri setelah lebih dari lima tahun sebagai pemimpin.

Hipkins akan secara resmi dilantik untuk peran barunya pada hari Rabu 25 Januari. Dia akan memiliki waktu kurang dari sembilan bulan sebelum mengikuti pemilihan umum yang sulit, dengan jajak pendapat menunjukkan partainya membuntuti oposisi konservatifnya.

Kurangnya kandidat pemimpin lainnya menunjukkan bahwa anggota parlemen partai telah berkumpul di belakang Hipkins untuk menghindari kontes yang berlarut-larut dan tanda-tanda perpecahan setelah kepergian Ardern.

 

3 dari 3 halaman

Prioritas Hipkins

Dalam menetapkan prioritasnya, Hipkins mengatakan dia tahu banyak keluarga berjuang karena "pandemi inflasi" dan bahwa ekonomi akan menjadi pusat pemikiran pemerintahnya.

Ketika ditanya apakah dia akan mengambil pendekatan transformasional yang sama dengan pemerintah yang dijanjikan Ardern setelah pertama kali memenangkan pekerjaan teratas, Hipkins mengindikasikan dia ingin kembali ke dasar.

"Kami akan memberikan pemerintahan yang sangat solid yang berfokus pada masalah roti dan mentega yang penting bagi warga Selandia Baru, dan itu relevan dengan zaman kita sekarang," kata Hipkins. "2017 adalah lima setengah tahun yang lalu, dan cukup banyak yang telah terjadi sejak saat itu."

Seperti Hipkins, Sepuloni pertama kali menjadi anggota parlemen 15 tahun yang lalu dan baru-baru ini mengambil portofolio pembangunan sosial dan pekerjaan sebagai salah satu menteri top pemerintah.

Dia mengatakan "sangat sulit untuk memahami bahwa seorang gadis kelas pekerja" dari kota kecil Selandia Baru bisa berakhir sebagai wakil perdana menteri.

"Saya ingin mengakui pentingnya hal ini bagi komunitas Pasifik kita," ungkap Sepuloni. "Saya bangga orang Samoa, Tonga, dan Eropa Selandia Baru, dan mewakili generasi warga Selandia Baru dengan warisan campuran."

Sepuloni mengatakan dia sudah menerima banyak pesan merendahkan hati tentang langit-langit kaca lain yang dihancurkan.

Pemimpin oposisi Christopher Luxon mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah memberi selamat kepada Hipkins melalui teks. Tetapi Luxon mengatakan Hipkins dan Sepuloni telah menjadi bagian dari pemerintahan yang telah "gagal secara spektakuler" untuk menyelesaikan sesuatu dan bahwa setelah perubahan kepemimpinan, itu akan lebih sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat