uefau17.com

AS Desak Cina Selesaikan Konflik Dalai Lama - Global

, Washington DC: Konflik antara pemerintah Cina dan kelompok separatis Dalai Lama terus berlanjut. Melihat hal itu, pemerintah Amerika Serikat menyatakan rasa prihatinnya atas kekerasan yang terus terjadi di wilayah Tibet, Cina.

Seperti dilansir laman NHK, Rabu (25/1), AS mendesak pemerintah Cina untuk menghentikan kekerasan yang dipicu oleh konflik Dalai Lama tersebut. AS juga meminta Cina untuk segera mengadakan dialog secara diplomasi dengan pengikut Dalai Lama.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan, AS telah berulang kali mendesak pemerintah Beijing untuk melakukan reformasi kebijakan Tibet. Menurutnya, Cina telah mengancam identitas keagamaan, budaya dan bahasa dari orang-orang Tibet. Ia menambahkan, masalah ini akan dibicarakan dalam pertemuan antara Presiden Barack Obama dan Wakil Presiden Cina Xi Jinping di AS bulan depan.

Dalai lama adalah seorang biksu yang menggencarkan suatu gerakan separatis agama Buddha untuk memisahkan diri dari Cina. Gerakan ini telah memicu konflik antara pendukung Dalai Lama dan Pemerintah Cina hingga memakan banyak korban. Laman Xinhua melaporkan sampai saat ini sudah ada puluhan orang, termasuk para biksu yang berdemonstrasi dan orang lain tewas.(RZK/NHK)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat