uefau17.com

Dim Sum Berbahaya bagi Kesehatan - Global

, Hongkong: Para penggemar makanan dim sum atau makanan kecil mirip kue-kue basah tentu tak asing dengan bakpao daging sapi atau pangsit udang. Tapi, makanan khas Hongkong ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hongkong menemukan bahwa dim sum memiliki kadar lemak dan sodium yang tinggi. Alhasil, kedua zat itu meningkatkan peluang terkena serangan jantung.

Salah seorang pakar kesehatan, dokter Ho Yuk Yin, menyatakan, kadar sodium yang tinggi ditemukan pada beberapa jenis dim sum yang dikukus, seperti ubur-ubur bumbu, ayam kukus, dan kari cumi-cumi. Sementara dim sum yang dimasak dengan cara digoreng memiliki kadar lemak yang tinggi. Bakpao daging babi goreng, iga babi goreng, puding kacang susu bersantan, dan kue telur masuk dalam golongan ini.

Temuan yang mengejutkan ini memaksa pemerintah mengeluarkan peringatan agar warganya mengurangi frekuensi memakan dim sum. Akan tetapi bila nafsu makan tak lagi dapat dikekang, warga dianjurkan memakan dim sum berkadar sodium dan lemak yang rendah, seperti nasi udang kukus, bakpao ayam, lumpia sayuran atau sup kacang.

Mereka juga dianjurkan untuk menyantap mi dan nasi serta sayuran yang kaya serat. Meminum teh tradisional Cina atau air yang banyak juga dipercaya dapat menurunkan kadar lemak dalam darah yang biasanya meningkat setelah mengkonsumsi dim sum.(ORS/Yes)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat