uefau17.com

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Fisik dan Mental - Citizen6

, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental bagi sebagian individu.

Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan mungkin memberikan manfaat yang lebih bagi sebagian individu dibandingkan yang lain, dan hewan peliharaan tidak dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik bagi banyak individu.

Oleh karena itu, ketahui manfaat memiliki hewan peliharaan bagi kesehatan fisik dan mental, seperti melansir dari Healthline, Kamis (11/7/2024).

1. Mengurangi stres

Individu cenderung mendapatkan lonjakan oksitosin, hormon pengikat, ketika mereka melakukan interaksi penuh kasih dengan hewan, termasuk membelai dan kontak mata dalam waktu lama dan oksitosin membantu mengurangi stres.

Anda bahkan bisa mendapatkan manfaat hanya dengan melihat hewan saja. Dengan menonton video binatang, baik itu ikan, monyet, atau bahkan burung, telah terbukti mengurangi stres pada saat itu.

2. Membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung

Bukti menunjukkan bahwa individu yang memiliki hewan peliharaan mungkin memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak organ dan pembuluh darahmu. Sejalan dengan itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Namun, penelitiannya beragam, dan para ahli mencatat bahwa Anda tidak boleh memelihara anjing hanya sebagai upaya untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengatasi depresi

Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang umum, dan beberapa penelitian telah mengamati bagaimana merawat hewan peliharaan dapat membantu meringankan gejala.

Memiliki hewan peliharaan telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi dalam berbagai penelitian pada individu dengan gangguan pendengaran, tuna wisma dan HIV.

Namun, hasil penelitian secara keseluruhan bervariasi, dan beberapa penelitian tidak menemukan hubungan antara perbaikan gejala terkait depresi dan kepemilikan hewan peliharaan pada populasi termasuk penderita Alzheimer dan pria yang belum menikah.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membantu mengungkap apakah atau bagaimana hewan peliharaan benar-benar memengaruhi depresi.

 

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan fisik dan mental mungkin memiliki manfaat hilir bagi kognisimu.

Sebuah studi pada tahun 2022 melakukan pencitraan otak dan pengujian kognitif pada 95 orang berusia antara 20 dan 74 tahun dengan dan tanpa hewan peliharaan.

Mereka menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan dapat memfokuskan perhatiannya dengan lebih baik, mengingat cerita dengan lebih akurat, dan memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang bukan pemilik hewan peliharaan. Anjing tampaknya mempunyai dampak yang sangat positif.

Para peneliti berpendapat bahwa memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi usia kognitif hingga 15 tahun.

 

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan kesejahteraan emosional

Bahkan hanya berada di ruangan yang sama dengan hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi kesejahteraanmu.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa interaksi dengan hewan peliharaan dapat berdampak kompleks pada perasaan kita.

Kehadiran hewan peliharaan tampaknya membantu mengurangi perasaan negatif, sedangkan interaksi — seperti membelai dan berbicara dengan mereka — dapat secara aktif meningkatkan perasaan positif.

Sebuah penelitian yang melibatkan 263 orang dewasa di Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan dilaporkan lebih puas dengan kehidupannya dibandingkan mereka yang tidak.

Namun penelitian yang sama juga menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan tidak dikaitkan dengan ukuran kesejahteraan lainnya, termasuk pengaturan emosi dan kepuasan kebutuhan mereka.

Selain itu, studi tahun 2020 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang dapat diandalkan antara memiliki hewan peliharaan dan peningkatan kesejahteraan, dan bukti lain menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan sebenarnya dapat menurunkan kesejahteraan karena meningkatnya beban pengasuhan. Jadi, hasilnya beragam.

Dampak memiliki hewan peliharaan dalam hidupmu kemungkinan besar bergantung pada banyak faktor, seperti kepribadianmu, situasi kehidupan, kebutuhan spesifik hewan peliharaanmu, serta kemauan dan kemampuanmu untuk merawatnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat