uefau17.com

Kumpulan Hoaks Catut Nama , Simak Faktanya - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama media tertentu tak terkecuali . Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama ? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Artikel Berjudul Menteri AS Komentari Kominfo Imbas PDNS Diserang Hacker

Kabar tentang Menteri Amerika Serikat menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bodoh usai Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 diserang hacker beredar di media sosial. Konten tersebut disebarkan akun TikTok @perwiraganteng45.

Dalam konten tersebut terdapat gambar tangkapan layar sebuah artikel yang diklaim bersumber dari Liputan6. Artikel tersebut berjudul "Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina".

Postingan tersebut memuat gambar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken yang sedang berpidato. Tampilan artikel tersebut juga mirip dengan situs .

Konten yang disebarkan akun TikTok @perwiraganteng45 itu telah 62 ribu kali ditonton dan mendapat 1480 komentar dari warganet.

Benarkah dalam postingan itu Menteri Amerika Serikat menyebut Kemenkominfo bodoh imbas PDNS diserang hacker? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Beredar di media sosial artikel berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook.

Akun itu berupa cuplikan layar dengan judul artikel "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Dalam postingan, artikel itu diunggah pada 1 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB.

Lalu benarkah postingan artikel berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel soal Cita Citata

Beredar di media sosial postingan terkait penyanyi dangdut Cita Citata. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak pekan kemarin.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah bernama Suntuk. Dia mengunggahnya pada 1 Januari 2020.

Dalam postingannya terdapat tangkapan layar artikel dari dengan judul "Menjadi Penyanyi Dangdut Adalah Cita Cita Cita Citata Yang Sudah Lama Cita Citata Cita Citakan"

Selain itu ia juga menambahkan narasi, "kesampe juga cita cita cita citata"

Lalu benarkah ada artikel terkait Cita Citata dengan judul di atas dalam ? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat