uefau17.com

Kumpulan Hoaks Seputar Ancaman Indonesia, dari Presiden Israel hingga China - Cek Fakta

, Jakarta- Hoaks terkait ancaman Indonesia dari negara lain beredar di media sosial, keberadaan informasi bohong tersebut tentu dapat menimbulkan kesalahpahaman.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar ancaman Indonesia dari sejumlah presiden, mulai dari Israel hingga China.

Berikut kumpulan hoaks seputar ancaman Indonesia dari presiden.

Video Presiden Israel Ancam Serang Indonesia seperti Palestina

Cek Fakta mendapati klaim video Presiden Israel ancam serang Indonesia seperti Palestina, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 April 2023.

Klaim video Presiden Israel ancam serang Indonesia seperti Palestina menampilkan potongan beragam video, kemudian terdapat narasi suara dengan transkrip sebagi berikut.

"Presiden Israel ancam akan buat Indonesia seperti Palestina, Presiden Israel bila terus ikut campur kami berjanji akan buat Indonesia seperti Palestina aartikel tersebut diterbitkan yang berisikan narasi yang serupa dengan konten video tentang Adanya isu bahwa Israel akan menyerang Indonesia dikarenakan situs-situs Israel di bombardir oleh prestas yang mayoritas berasal dari Indonesia. salah satu komentar datang dari netizen Arab Saudi yang menyatakan tidak akan tinggal diam.

Jika Indonesia diserang jika Indonesia diterangkan kami warga Arab Saudi tidak akan berdiam diri saja kami pasti bantu Anda kata Omar alvesry Tak hanya itu Kementerian Luar Negeri Rusia".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Israel tolol mau menyerang Indonesia , belum tau mereka siapa Indonesia 🤣🤣🤣"

Benarkah video Presiden Israel ancam serang Indonesia seperti Palestina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden China Xi Jinping Ancam Indonesia

Kabar mengenai ancaman China yang akan menghapus Indonesia dari peta dunia, ramai dibicarakan di facebook.

Kabar ini merebak dari sebuah gambar tangkapan layar sebuah artikel dari k0mpasinf0.blogspot.com dengan judul "Surat Tertulis Xi Jinping: Jika Kedubes China Diusir Dari Indonesia, Maka China Tidak Akan Segan "HAPUS" Indonesia Dari Peta Dunia".

Gambar itu berisi foto Presiden China Xi Jinping yang disandingkan dengan sebuah surat berbahasa China.

Kabar ini disebarkan oleh salah satu akun Facebook. Ia menuliskan sebuah narasi dalam unggahannya itu.

"Jadi takuuuuttt.....," tulis Bung Han.

Konten yang diunggah telah dibagikan 2084 kali dan dikomentar 288 warganet.

Selain itu ada akun facebook lain juga mengunggah konten yang sama, yakni gambar tangkapan layar Xi Jinping. Ia juga menuliskan narasi dalam unggahannya.

"Iblis penjahat HAM dari china communist si sinting from communist china"

Benarkah China yang akan menghapus Indonesia dari peta dunia? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat