uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Arti Omicron Virus Akhir Zaman - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim arti Omicron virus akhir zaman. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Desember 2021.

klaim arti Omicron virus akhir zaman berupa tangkapan layar unggahan yang berisi tulisan seperti berikut:

“This just gave me chills!

OMI

OMNI

OMEGA

GREEK FOR (end)

CRON

CHRON

CHRONOS GREEK FOR (Time)

OMICRON IS THE "END TIME"

VIRUS. GET RIGHT WITH GOD.

THE DEVIL IS ABOUT TO MAKE

HIS FINAL MOVE.”

Benarkah klaim arti Omikron virus akhir zaman? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim arti Omicron virus akhir zaman menggunakan Google Search dengan kata kunci 'OMICRON IS THE "END TIME"'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Fact Check-The etymological roots of the word Omicron do not mean ‘end time’ in Greek" yang dimuat situs reuters.com, pada 7 Desember 2021.

Dalam situs reuters.com para ahli menyebutkan, istilah 'Omicron' tidak diterjemahkan menjadi 'akhir zaman' dalam bahasa Yunani kuno atau modern.

“Omicron adalah bahasa Yunani untuk 'o kecil' (o mikron) sebagai lawan dari omega yang berarti 'besar/besar'. Saran bahwa omicron berarti 'akhir zaman' adalah salah dan didasarkan pada kesalahan membaca omicron sebagai senyawa singkat di mana om adalah singkatan dari omega (huruf terakhir dari alfabet Yunani) dan kron untuk chronos (bahasa Yunani untuk waktu),” kata Dosen dalam Studi Yunani dan Klasik di Universitas St. Andrews Olaf Almqvist kepada Reuters.

Dosen Sejarah Yunani Modern di Royal Holloway, Universitas London, Paris Papamichos Chronakis, mengatakan, Omicron' dan 'Omega' adalah huruf yang berbeda dan omicron terdiri dari kata o- dan 'micron', bukan 'chronos' (waktu). 

 

Sumber:https://www.reuters.com/article/factcheck-omicron-etymology/fact-check-the-etymological-roots-of-the-word-omicron-do-not-mean-end-time-in-greek-idUSL1N2SR1R7?fbclid=IwAR1iCDZNcm0bBJ64YJZ3uYB-rEe-4ZLVm2balV4_8ueapQ5SS4e89Llz29I

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim arti Omicron virus akhir zaman tidak benar.

Istilah 'Omicron' tidak berarti 'akhir zaman' dalam bahasa Yunani. Omicron adalah bahasa Yunani untuk 'o kecil' dan berbeda dari istilah 'omega' yang merupakan huruf terakhir dari alfabet.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat