uefau17.com

Timnas Indonesia vs Filipina: Menang 2-0, Skuad Garuda Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bola

, Jakarta- Timnas Indonesia berhasil mendampingi Irak lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dari Grup F. Pada laga terakhir Grup F, Indonesia menang 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia mendapat peluang emas pertama di laga ini pada menit ketujuh. Umpan silang Thom Haye begitu memanjakan Marselino Ferdinan. Sayangnya sundulan Marselino masih bisa diamankan kiper Kevin Mendoza.

Filipina sendiri bermain bertahan total. Timnas Indonesia mencoba menembusnya lewat tendangan jarak jauh. Dua kali percobaan dilakukan Thom Haye dan Justin Hubner. Namun masih belum menemui sasaran.

Peluang emas kembali didapat Indonesia pada menit 27. Verdonk nyaris bikin gol di laga debut. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh. Namun sepakan Verdonk masih bisa dihalau Mendoza dengan kakinya.

Dua menit kemudian, Mendoza kembali menyelamatkan gawang Filipina. Pemain Persib Bandung ini dengan gemilang bisa menepis sepakan keras kaki kanan dari Marselino.

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 31. Kesalahan pemain Filipina yang kehilangan bola di daerah sendiri diselesaikan Thom Haye dengan eksekusi menawan. Haye melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti sehingga tak kuasa dijangkau Mendoza.

Pada menit 41, Ragnar Oratmangoen mencoba peruntungan mencetak gol seperti Thom Haye. Akan tetapi tendangan jarak jauh Ragnar masih melambung dari gawang Mendoza. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Timnas Indonesia vs Filipina

Dua menit usai turun minum, Indonesia nyaris menambah gol ke gawang Mendoza. Tapi Ragnar gagal menyambar bola dari Verdonk di depan gawang Filipina.

Filipina juga mulai bisa merepotkan pertahanan Indonesia di babak kedua. Penetrasi Dylan Demuynck hampir menghadirkan petaka di menit 49. Beruntung Jay Idzes dengan cekatan bisa memblok aksi Dylan.

Verdonk kembali menebar ancaman untuk Filipina di emnit 53. Kali ini lewat eksekusi tendangan bebas geledek. Mendoza dengan cekatan masih bisa mengangkap bola.

Indonesia akhirnya bisa menggandakan skor pada menit 55. Rizky Ridho menjebol gawang Mendoza lewat sundulan meneruskan umpan tendangan bebas dari Nathan Tjoe A-On.

Unggul dua gol membuat permainan Indonesia makin lepas. Gol ketiga nyaris tercipta pada 63 saat sepakan Marselino ditangkap Mendoza. Semenit kemudian sontekan Ragnar di depan gawang dapat ditepis Mendoza.

Memasuki menit 71, Timnas Indonesia seharusnya bisa unggul 3-0 bila saja sundulan Jay Idzes meneruskan sepak pojok Haye tidak membentur tiang gawang Filipina.

Ivan Jenner yang masuk di babak kedua hampir ikut membuat gol pada menit 73 setelah Pratama Arhan dan Ragnar melakukan kombinasi apik. Akan tetapi tembakan Jenner bisa diblok pertahanan Filipina.

Kiper Indonesia Ernando Ari membuat kesalahan di menit 83 sehingga hampir membuat Filipina mencetak gol. Untungnya Rizky Ridho masih bisa melakukan penyelamatan.

Pertandingan sempat dihentikan cukup lama pada menit 85 akibat cedera parah yang dialami pemain Filipina Adrian usai berduel dengan Ernando. Para pemain sampai mengelilingi untuk menutupi tindakan tim medis. Adrian akhirnya dibawa menggunakan Ambulance yang masuk ke lapangan guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kemenangan 2-0 ini mampu dipertahankan timnas Indonesia sampai peluit panjang ditiup wasit asal Uzbekistan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia: Ernando Ari, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (Sandy Walsh 84'), Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67'), Nathan Tjoe A On (Ivan Jenner 63'), Thom Haye, Marselino, Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 84'), Rafael Struick (Yakub Sayuri 63')

Filipina: Kevin Mendoza, Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Michael Baldisimo, Dylan Demuynck, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, Zico Bailey, Alex Monis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat