uefau17.com

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Filipina Puji Setinggi Langit Timnas Indonesia - Bola

, Jakarta Pelatih Filipina Tom Saintfiet memuji setinggi langit Timnas Indonesia jelang pertemuan kedua tim dalam laga pemungkas putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (11/6/2024).

Juru taktik asal Belgia menilai skuad Garuda telah menunjukkan perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, tim asuhan Shin Tae-yong dianggap layak untuk dicap sebagai salah satu kekuatan sepak bola di panggung Asia saat ini.

"Besok adalah pertandingan terakhir kami di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sedih rasanya karena kami keluar dari kompetisi ini, tetapi kami tidak sabar menantikan pertandingan besok," ucap Saintfiet dalam konferensi pers jelang pertandingan di SUGBK, Senin (10/6/2024).

"Indonesia dalam beberapa tahun terakhir sudah berkembang jadi salah satu tim kuat. Mereka membuat beberapa peningkatan, mendatangkan sejumlah pemain baru, dan mendongkrak kualitas skuad. Menurut saya mereka adalah salah satu negara kuat di Asia," tambahnya.

Lebih lanjut, Tom Saintfiet juga menyanjung kekuatan pemain ke-12 Timnas Indonesia. Sang pelatih menggarisbawahi besarnya basis suporter pasukan Garuda, dengan mereka rela datang langsung ke stadion demi menyuarakan dukungan bagi tim nasional.

"Kami juga tahu dukungan penggemar sangat luar biasa di sini. Stadionnya juga luar biasa, dipenuhi oleh para penggemar yang penuh gairah (untuk mendukung Timnas)," kata pelatih Filipina lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Bawa Filipina Petik Kemenangan

Terlepas dari keunggulan tersebut, Tom Saintfiet terang-terangan mengaku ingin mencoba membantu Filipina mengalahkan Timnas Indonesia di SUGBK.

Pelatih berusia 51 tahun juga cukup percaya diri dengan persiapan timnya, mengingat The Azkals sempat menunjukkan performa gemilang dengan hampir mengejutkan Vietnam dalam matchday kelima grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024) lalu.

"Saya sangat menghormati Indonesia. Saya rasa mereka adalah tim yang sangat kuat. Mereka adalah tim favorit yang akan mendapat dukungan dari 70-an ribu suporter besok," ucap Saintfiet.

"Namun, kami juga mempersiapkan yang terbaik. Kami sedang dalam masa transisi sejak saya saja mengambil alih (Filipina) 2-3 bulan yang lalu, dan sekarang kami sedang bergerak selangkah demi selangkah untuk menjadi tim yang kuat. Kami berkembang hari demi hari.

"Sebelum melawan Vietnam, kami sempat mendapatkan 1-2 pemain baru. Walau begitu, mereka sudah mulai terbiasa satu sama lain. Saya rasa kami cukup kompetitif. Kami bahkan layak mendapat poin saat melawan Vietnam. Dan kami akan melakukan yang kami bisa besok untuk mendapat hasil bagus," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Butuh 3 Poin

Sekadar informasi, Timnas Indonesia amat membutuhkan 3 poin saat menjamu The Azkals di SUGBK. Hal itu lantaran skuad Garuda tengah menghuni peringkat 2 klasemen sementara grup F dengan keunggulan hanya 1 poin dari Vietnam yang menempati urutan 3.

Kegagalan anak-anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Filipina pada Selasa (11/6/2024) bakal membuka asal bagi The Golden Star merebut tiket ke babak selanjutnya.

Apabila Vietnam menang melawan Irak, maka Timnas Indonesia harus merelakan slot tanding putaran 3 jatuh ke tangan musuh bebuyutan.

Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat