uefau17.com

Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Filipina, Shin Tae-yong Tegaskan Tak Ada Masalah Stres - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan dirinya tak mengalami stres meski dibebani target mengantar anak-anak asuhnya menang di laga terakhir grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina.

Juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim dia memang punya sedikit gangguan kesehatan fisik, tetapi hal itu sama sekali bukan diakibatkan oleh stres jelang melakoni pertandingan penentuan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024) mendatang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia diwajibkan mendulang tiga poin kala menantang anak-anak asuh Tom Saintfiet dalam matchday pemungkas grup F FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Hal itu lantaran pasukan Garuda saat ini menghuni peringkat 2 dengan selisih hanya 1 poin dari Vietnam di urutan 3 usai takluk 0-2 oleh Irak, Kamis (6/6/2024) lalu.

Kegagalan meraup tambahan angka saat menjamu Filipina pun bakal membuat Timnas Indonesia harus bergantung pada hasil pertandingan The Golden Star. Apabila Vietnam yang berhasil menang melawan Singa Mesopotamia, maka pasukan Garuda dipastikan harus merelakan tiket putaran selanjutnya jatuh ke tangan musuh bebuyutan.

Terlepas dari krusialnya laga kontra Filipina, pelatih Timas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan dirinya tak mengalami stres. Para pemain juga diklaim tengah menjalani persiapan dengan baik dalam misinya mengejar tiket ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Sekarang sakit sih tidak, tapi ada flu yang sedikit parah. Hanya masalah batuk saja sebenarnya, tetapi tidak ada rasa stres," ucap Shin Tae-yong membeberkan kondisi kesehatannya jelang menantang anak The Azkals.

"Pemain sama seperti biasa, persiapannya baik," sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangkit dari Kekalahan Melawan Irak

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menegaskan anak-anak asuhnya sudah bangkit dari kekalahan melawan Irak. Sang pelatih menilai secara permainan, Timnas Indonesia sejatnya tak ketinggalan dibanding Singa Mesopotamia, meski harus kebobolan dua gol akibat blunder sejumlah penggawa.

"Memang yang namanya pertandingan, bisa menang bisa kalah. Akan tetapi, kita dengan FIFA ranking 134 melawan Irak yang ranking 58, bisa memberikan yang terbaik juga. Dari segi kemampuan sebenarnya (Timnas Indonesia) tidak kalah jauh (dibanding Irak)," tutur Shin Tae-yong.

"Kami pun akan mencoba meningkat terus, jadi mohon dukungan dari fans Indonesia. Untuk masalah pemain-pemain yang disebutkan sebelumnya (melakukan blunder di laga kontra Irak), mereka juga sadar dan sedang mempersiapkan diri dengan baik," tambah juru taktik Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Optimistis Tembus Ronde 3

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong turut menunjukkan sikap optimisme jelang menantang The Azkals dalam laga penentuan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia pede anak-anak asuhnya mampu memetik tiga poin di kandang sendiri, terlepas dari hasil buruk yang sempat diterima skuad Garuda di SUGBK, Kamis (6/6/2024) lalu.

"Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya peluang lebih besar untuk lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home," ucap Shin Tae-yong kepada awak media.

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Makanya saya tidak khawatir jelang pertandingan besok karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde 3," tambah juru taktik berusia 53 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat