uefau17.com

Tak Dipanggil STY ke Kualifikasi Piala Dunia, Marc Klok Beri Pesan Ini untuk Timnas Indonesia Jelang Hadapi Irak - Bola

, Jakarta Pemain kawakan Timnas Indonesia Marc Klok memberi pesan untuk skuad Garuda jelang menghadapi Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 6 Juni mendatang.

Pesepak bola berusia 31 tahun itu meminta Marselino Ferdinan dan kawan-kawan waspada lantaran skuad senior Irak memiliki penguasaan bola yang apik, fisik kuat, serta tempo permainan cepat.

Seperti diketahui, nama Marc Klok secara mengejutkan absen dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk melakoni duel FIFA World Cup 2026 Qualifiers yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Penggawa yang sudah mengoleksi 19 caps dan kerap memainkan peran vital di lini tengah Timnas Indonesia itu tak muncul dalam daftar 22 nama pilihan juru taktik Korea Selatan yang dirilis oleh PSSI.

Marc Klok gagal comeback setelah sebelumnya cuma jadi penghangat bangku cadangan di laga kandang Kualifikasi Piala Dunia kontra Vietnam dan tak ikut bertandang ke Hanoi lantaran harus menjalani pemulihan cedera.

Praktis, penampilan Klok bersama Timnas Indonesia sudah tersaji cukup lama, yakni ketika skuad Garuda menghadapi Irak dalam partai pembuka Grup D Piala Asia 2023 Qatar. Klok kala itu pun cuma dimainkan dari bench sebagai pengganti Ivar Jenner di 15 menit akhir laga waktu normal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Kaget Tak Dipanggil STY

Marc Klok yang dulunya jadi langganan Timnas Indonesia pun mengaku sempat kaget saat melihat dinamika pemanggilan pemain di media. Bintang Persib Bandung juga tak menampik dirinya merasa kecewa, meski dia mengaku belum putus asa untuk kembali memperkuat skuad Garuda.

"Sejujurnya, saya kaget melihat itu (perihal pemanggilan pemain) di media. Saya akan bilang bahwa saya merasa kecewa, tetapi tidak putus asa akibat situasi ini," ucap Marc Klok mengomentari absennya dia dari skuad racikan Shin Tae-yong.

"Apapun keputusan pelatih (Shin Tae-yong), saya akan menghormatinya. Saya yakin hal ini bukan akhir dari perjalanan saya bersama tim nasional. Saya akan terus bekerja keras dan fokus di setiap laga guna memastikan saya tetap bisa jadi pilihan yang layak buat pelatih."

3 dari 4 halaman

Pesan Marc Klok untuk Timnas Indonesia

Terlepas dari ketiadaan namanya dalam skuad pilihan Shin Tae-yong, Marc Klok tetap menaruh perhatian besar pada Timnas Indonesia jelang menghadapi Irak dan Filipina.

Pemain yang sempat dua kali terlibat duel dengan negara tersebut di Kualifikasi Piala Dunia serta Piala Asia 2023 pun mengirim pesan khusus buat para pemain agar mewaspadai permainan Irak.

"Saya pikir di leg pertama (Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak), kami benar-benar tidak beruntung. Kami menerapkan pola permainan bertahan. Kemudian mereka menciptakan 5 peluang dan berhasil mencetak gol lima kali," tutur Klok membagi pengalamannya menghadapi Irak.

"Sebagian besar dari gol yang tercipta kala itu merupakan kesalahan kami. Mereka (Irak) adalah tim yang kuat, mereka bagus dalam penguasaan bola, memiliki fisik yang kuat, serta tempo permainan tinggi," pungkas dia.

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Tinggal Butuh 1 Kemenangan untuk ke Putaran 3

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini berada di posisi yang cukup bagus dalam putaran dua Kualifikasi Piala Dunai 2026. Pasukan Shin Tae-yong menghuni urutan 2 klasemen sementara grup F dengan selisih 5 poin dari Irak di puncak klasemen, serta terpaut 4 angka dari Vietnam yang menempati peringkat 3.

Praktis, skuad Garuda tinggal butuh setidaknya satu kemenangan lagi untuk memastikan diri tak terkejar oleh rival terdekatnya sekaligus mengunci slot tampil dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dua pertandingan selanjutnya pun boleh dikata cukup menguntungkan buat Indonesia. Pasalnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong bakal melakoni seluruh laga di kandang sendiri. Simak jadwal sisa pertandingan Timnas Indonesia dalam putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat