uefau17.com

Mahfud MD Sebut Erick Thohir Mampu Memimpin PSSI Tanpa Korupsi - Bola

, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (MenkoPolhukam) RI Mahfud MD mengucapkan selamat atas terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum baru PSSI periode 2023-2027. Mahfud berharap, Erick mampu mengemban tugasnya sebagai pimpinan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi. 

“Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketum PSSI melalui Kongres Luar Biasa (KLB). Pesan-pesan kepada Pak Erick Thohir sudah disampaikan melalui dokumen TGIPF untuk pemerintah,” tutur Mahfud MD dalam keteratangan yang diterima , Jumat (17/2/2023). 

"Saya juga sudah berdiskusi secara langsung dengan Pak Erick Thohir. Kita tahu, Pak Erick adalah orang profesional di sepak bola, yang punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI. Dia sudah sangat mampu untuk membiayai dirinya sendiri (dalam) mengurus PSSI tanpa harus korupsi,” sambungnya.

Erick Thohir menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola Tanah Air setelah memenangkan pemilihan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023).

Menteri berusia 52 tahun itu unggul dengan 64 suara, mengalahkan rival terdekatnya La Nyalla Mattalitti yang mengantongi 22 suara. Dalam menjalankan tugasnya, Erick Thohir akan dibantu dua wakil, yakni Ratu Tisha dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali serta 12 anggota exco.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Percepatan KLB

 

Pergantian pengurus di tubuh PSSI sejatinya digelar di bulan November 2023 atau empat tahun sejak kepengurusan era Mochamad Iriawan lewat KLB, 2019 lalu. Hanya saja, kerusuhan suporter yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan membuat Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk untuk mengusut masalah ini mengeluarkan rekomendasi yang meminta seluruh pengurus mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap insiden yang merenggut nyawa ratusan suporter tetrsebut. 

Saran TGIPF tidak bersifat mengikat karena bisa dianggap sebagai intervensi pihak luar terhadap kepengurusan federasi. Jika demikian, Indonesia berpeluang kembali mendapat sanksi FIFA seperti beberapa tahun lalu. Namun, Mochamad Iriawan menuruti rekomendasi TGIPF dan mempercepat digelarnya KLB yang akhirnya digelar pada 16 Februari 2023 dan memenangkan Erick Thohir. 

 

3 dari 4 halaman

Sesuai Harapan TGIPF

Mahfud MD selaku ketua TGIPF menyambut baik hal ini. Dia menilai, pelaksanaan KLB saat ini sudah sesuai dengan rekomendasi yang diberikan pihaknya melalui TGIPF. Sedangkan rekomendasi lain di luar pergantian pengurus juga telah dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait.

“Bahwa penggantian (pengurus) dilakukan melalui KLB, sudah jelas hal itu karena Rekomendasi TGIPF (yang menyarankan) agar Pengurus PSSI diganti tanpa menunggu kongres biasa,” beber MenkoPolhukam.

“Ada yang bertanya, bagaimana dengan rekomendasi TGIPF lainnya? Lah, semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan, termasuk penegakan hukum, baik hukum tata pemerintahan naupun hukum pidana.”

“Ada juga Peraturan Polri dalam pengamanan sepak bola yang sesuai dengan ketentuan FIFA. Renovasi untuk standardisasi stadion juga sudah mulai. Bahwa pelaksanaannya bertahap dan banyak yang belum selesai, itu biasa saja. Kita harus ikut semua mekanisme yang telah diatur dan disepakati antara Pemerintah, PSSI, dan FIFA,” kata Mahfud.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pengurus PSSI

Ketua Umum PSSI:

Erick Thohir

Wakil Ketua Umum:

  1. Zainuddin Amali
  2. Ratu Tisha Destria

Exco PSSI:

  1. Eko Setiawan
  2. Endri Erawan
  3. Juni Rahman
  4. Muhammad
  5. Rudi Yulianto
  6. Sumardji
  7. Vivin Cahyani
  8. Pieter Tanuri
  9. Arya Mahendra
  10. Khairul Anwar
  11. Ahmad Riyadh
  12. Hasnuryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat