uefau17.com

5 Tips Pola Makan Sehat Selama Karantina Corona Covid-19 - Bola

, Jakarta - Pandemi virus Corona membatasi pergerakan masyarakat. Berbagai kegiatan pun harus dilakukan di dalam rumah.

Meski bisa membosankan, periode karantina virus Corona sebenarnya bisa digunakan untuk mengubah pola makan dan hidup menjadi lebih sehat.

Sebab, Anda lebih sering mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Anda terhindar dari risiko yang ada saat melahap makanan dari luar.

Manfaatkan masa ini dengan mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat dan bergizi. Rutinitas ini bisa menjadi detoks bagi tubuh.

Hal ini merupakan pertanda baik bagi peningkatan kesehatan. Melansir NDTV, berikut lima tips pola makan sehat selama karantina pandemi virus Corona:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Makanan Cukup Gizi

Salah satu keuntungan dari karantina adalah, Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Maka masaklah setiap makanan seimbang. Konsumsi karbohidrat moderat, protein yang cukup, beberapa produk susu, dan banyak sayuran.

Makan makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energi dan produktivitas Anda. Ini juga akan menjaga Anda dari konsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh.

3 dari 6 halaman

2. Porsi Sesuai Kebutuhan

Pelajari dan pahami porsi yang Anda butuhkan dan patuhi. Aktivitas fisik menurun, makan berlebihan bisa menambah berat badan. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi setengah piring sayuran, seperempat karbohidrat, seperempat protein, dan 150-200 ml susu.

4 dari 6 halaman

3. Perbaiki Waktu Makan

Berada di rumah bukan berarti Anda bisa makan kapan saja. Pertahankan pengaturan waktu makan seperti saat masih beraktivitass di luar. Sarapan, makan siang, dan makan malam paling lambat jam 21.00.

Sediakan pula camilan yang bisa dikonsumsi di antara waktu makan utama Anda. Namun, jumlahnya harus dibatasi dan sesuai keperluan.

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak Minum Air

Simpan sebotol air di meja dekat anda. Coba minum lebih banyak di antara waktu makan. Hal ini akan mengurangi porsi makan apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

6 dari 6 halaman

5. Olahraga Rutin

Selain mengubah pola makan, aktivitas fisik tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh selama karantina. Ada banyak olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat peraga apapun. Hal ini akan menyempurnakan perubahan pola hidup sehat Anda untuk ke depannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat