uefau17.com

Lewat Patung 3,5 Meter, Barcelona Abadikan Johan Cruyff - Bola

, Barcelona - Barcelona kembali mengabadikan Johan Cruyff. Klub asal Catalunya tersebut meresmikan patung Cruyff dekat pintu masuk tribun Estadi Johan Cruyff di FC Barcelona Sports Center, Sant Joan Despi, Senin (26/8/2019) waktu setempat. Patung tersebut terletak

Terbuat dari perunggu, patung Cruyff karya Corry Ammerlaan van Niekerk ini memiliki tinggi 3,5 meter dan berat 1.500 kg.

Istri Cruyff, Danny, serta kedua anaknya, Susila dan Jordi, hadir pada acara tersebut. Turut menemani Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu serta anggota direksi klub di antaranya Jordi Cardoner, Jordi Moix, dan Enrique Tombas. Sementara mantan pemain El Azulgrana yang datang adalah Carles Puyol, Sergi Barjuan, dan Albert Ferrer.

Cruyff diabadikan dengan pose khasnya ketika membela Barcelona. Dia merentangkan lengan memberikan instruksi kepada rekan.

"Posisi tersebut tidak hanya mencerminkan karakternya sebagai pemimpin di lapangan, melainkan pula karakternya di luar ketika menjadi pelatih, serta kegiatan amal dan bisnis yang dikembangkan di bawah naungan organisasi World of Johan Cruyff," tulis keterangan resmi Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Stadion

Barcelona sebelumnya sudah menggunakan nama Cruyff untuk stadion bagi tim B. Stadion tersebut memiliki kapasitas 6.000 tempat duduk dan diresmikan bulan ini.

Sementara otoritas sepak bola Belanda mengganti nama stadion kebanggaan Amsterdam ArenA menjadi Johan Cruijff ArenA sesuai ejaan Negeri Kincir Angin.

Selain lokasi, nama Cruyff juga dipakai untuk gelar, penghargaan, teknik bermain, hingga asteroid. 

3 dari 3 halaman

Sosok Terpenting

Cruyff merupakan salah satu sosok terpenting dalam sepak bola. Gaya bermain dan filosofinya memengaruhi banyak orang, termasuk Timnas Belanda, Ajax Amsterdam, dan Barcelona.

Dia membela Barcelona periode 1973-1978 sebelum menjadi pelatih pada 1988-1996. Cruyff meninggal pada 24 Maret 2016 di usia 68 tahun karena kanker paru-paru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat