uefau17.com

KB Bank Bidik Pasar Kendaraan Listrik hingga Pabrik Gula - Bisnis

, Jakarta KB Bank (BBKP) menyambut ulang tahun ke-54 pada 10 Juli 2024. 

Dalam acara HUT ke-54, Presiden Direktur KB Bank Woo Yeul Lee (Tom Lee) mengungkapkan bahwa perbankan tengah menjajaki berbagai kemitraan salah satunya di industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan pertanian.

Tom Lee mengatakan, Indonesia memiliki banyak perusahaan bank dengan berbagai ekosistem bisnisnya masing-masing. Maka dari itu, pihaknya perlu membuat strategi.

"Kami membutuhkan strategi tangkap pasar yang fokus ke beberapa ekosistem, yaitu kendaraan listrik (electric vehicle), agrikultur, dan industri medis," kata Tom Lee dalam acara KB Bank 54Th Anniversary di Jakarta, dikutip Kamis (11/7/2024).

Disebutkannya, bahwa KB Bank melakukan pertimbangan matang dalam mengambil peluang pasar di ketiga tersebut. Salah satunya adalah nilai tambah ekonomi yang dihasilkan dari kekayaan sumber daya alam (SDA) Indonesia.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuat di sumber daya alam, maka kami mengincar pasar seperti itu," bebernya.

Di industri kendaraan listrik (EV), KB Bank telah menjajaki kerja sama dengan anchor company dalam pengadaan mobil dan bus listrik. Adapun di sektor agrikultur, KB Bank melakukan kerja sama dengan pabrik gula.

"Kami ada kerja sama dengan anchor company mulai dari proses penanaman benih sampai produksi gula," ungkap Tom Lee.

Diwartakan sebelumnya, sepanjang lima bulan pertama pada 2024 KB Bank mencatat pertumbuhan pendapatan bunga 11,04% dari Rp1,78 triliun di periode yang sama pada 2023 menjadi Rp1,98 triliun pada 2024.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rayakan Ulang Tahun ke-54, KB Bank jadi Salah Satu Bank Terbesar di Korea Selatan

KB Bank menyambut ulang tahun ke-54 pada Rabu, 10 Juli 2024. Perayaan ulang tahun KB Bank disambut langsung oleh Presiden Direktur Woo Yeul Lee (Tom Lee).

"Kami sudah berumur 54 tahun, saya percaya bahwa semakin bertambahnya umur kami bisa membangun hubungan yang semakin baik dengan para nasabah,” tutur Direktur KB Indonesia, Tom Lee dalam pidato di kantor pusat KB Bank di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Tom Lee pun menyoroti posisi KB Bank sebagai salah satu bank terbesar di Korea Selatan, yang mampu mencatat profit hampir Rp.50 triliun.

"Kalau kita urutan di ranking dunia, KB Bank juga masuk ke dalam 50 bank terbesar,” ujarnya.

"Jadi saya yakin, KB Bank di Indonesia pun akan menjadi bank yang lebih baik dan kuat, pastinya berkat dukungan dari nasabah,” lanjut Tom Lee.

Dalam kesempatan itu, Tom Lee juga mengungkapkan bahwa KB Bank akan memindahkan lokasi kantor pusatnya. Namun, ia tidak menyebut lebih spesifik lokasi yang akan menjadi kantor baru KB Bank nantinya.

"Tahun ini kita mengadakan kantor pusat di sini (kantor KB Bank di Jakarta Selatan), namun rencana kami tahun depan akan pindah ke tempat yang lebih baik.Maka dari itu saya berharap bisa kembali mengundang kalian di ulang tahun KB Bank di tahun mendatang,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Kinerja KB Bank di 2024

Diwartakan sebelumnya, sepanjang lima bulan pertama pada 2024 KB Bank mencatat pertumbuhan pendapatan bunga 11,04% dari Rp1,78 triliun di periode yang sama pada 2023 menjadi Rp1,98 triliun pada 2024.

Pertumbuhan pendapatan tersebut juga mampu diimbangi dengan efisiensi beban bunga yang mengalami penurunan 1,04%. Dengan begitu, pendapatan bunga bersih (NII) KB Bank mampu tumbuh sebesar 140,93% dari Rp152 miliar pada 2023 menjadi Rp366 miliar di tahun ini.

Kemudian dari sisi kualitas aset, rasio kredit berkualitas rendah atau loan at risk (LAR) untuk periode lima bulan pertama pada 2024 terjaga di 27,05% atau terus membaik dari periode yang sama tahun 2023 yang menyentuh angka 49,64% dan periode akhir tahun 2023 yang berada di 39,22%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat