uefau17.com

Top 3: Mesin Pesawat Garuda Indonesia yang Bawa Jemaah Haji Keluar Api - Bisnis

, Jakarta - Penerbangan jemaah haji Kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa mendarat lagi atau Return to Base (RTB) pada hari ini, Rabu (15/5/2024). Hal ini disebabkan munculnya api di mesin pesawat.

Penerbangan ini dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Boeing B747-400. Perlu diketahui, RTB merupakan tindakan cepat untuk mengurangi risiko terkait keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

Artikel mengenai adanya api di mesin pesawat garuda Indonesia ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis pada Kamis 16 Mei 2024:

1. Mesin Pesawat Garuda Indonesia Keluar Api saat Terbang, Semua Penumpang Selamat

Jemaah haji kloter 5 dari Makassar mungkin dibuat cemas saat baru terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Hal ini lantaran salah satu mesin pesawat mengeluarkan api saat sudah terbang.

Akibat kejadian ini, pilot penerbangan GA-1105 memutuskan untuk melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harga Emas Dunia Terbang Lagi Usai Anjlok, Dipatok Segini Hari Ini

Harga emas rebound pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta) dibantu oleh melemahnya kurs dolar Amerika Serikat (AS) dan imbal hasil Treasury setelah data menunjukkan harga produsen AS naik lebih dari perkiraan pada bulan April dan menunjukkan inflasi tetap tinggi.

Harga emas dunia di pasar spot naik 0,7% ke level USD 2.351,30 per ounce setelah turun 1% pada hari Senin. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,6% menjadi USD 2.356,70.

“Masih ada dukungan yang baik untuk emas di tengah ketegangan geopolitik... namun langkah selanjutnya akan bergantung pada bagaimana kita melihat angka inflasi AS dan klarifikasi apa pun mengenai apa yang akan dilakukan The Fed terhadap suku bunganya,” kata Presiden Pasar Dunia EverBank, Chris Gaffney.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. Penerbangan Indonesia Dikomplain Turis Jepang, Luhut: Masa Bikin Orang Menderita

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mempersilakan pihak maskapai asing yang ingin menyediakan rute penerbangan dari dan menuju Indonesia.

Alasannya, ia tidak ingin persaingan industri maskapai penerbangan yang sempit di dalam negeri membuat banyak penumpang kesulitan. Pasalnya, situasi itu menjadikan tarif tiket pesawat melambung.

"Sekarang kita mau dorong airline asing masuk ke dalam, tapi kita tata. Jadi misalnya dulu ada aturan tidak boleh majority sahamnya. Kalau kau enggak bisa penuhin, masa orang menderita. Sektor wisata kita rusak kan," tegas Menko Luhut.

Simak artikel selengkapnya di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat