uefau17.com

Antisipasi Membludak, KAI Siapkan 56 Perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta periode Libur Natal dan Tahun Baru - Bisnis

, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menyiapkan 56 perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Persiapan terus dilakukan lantaran adanya perubahan karakter penumpang Tangerang, yang lebih memilih menggunakan KA Bandara ketimbang KRL Commuter Line Jabodetabek.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penyiapan 56 perjalanan KA Bandara tersebut dilakukan agar dapat mengangkut penumpang yang diprediksi membludak di momen Natal dan Tahun Baru.

Pasalnya, sambung Anne, jumlah penumpang KA Bandara saat ini juga tengah mengalami peningkatan yang signifikan. Khususnya dari Stasiun Manggarai menuju Tangerang.

"Kami melihat ada perubahan culture di Manggarai. Ketika mau ke (Stasiun) Duri, Ceper, mereka tidak naik KRL tapi melanjutkan dengan kereta bandara," ujar Anne di Kantor KCI, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Menurut pemaparannya, jumlah penumpang KA Bandara saat ini telah naik tiga kali lipat dari sebelumnya 2.000 orang per hari jadi 6.000 orang lebih per hari.

Bahkan, ia menambahkan, volume tertingginya bisa mencapai hampir 8.000 per harinya di Lin KA Bandara dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi kami persiapkan 56 perjalanan selama Nataru ini, diprediksi juga akan ada banyak aktivitas ke Bandara," pungkas Anne.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KRL Jabodetabek Tambah 24 Perjalanan di Malam Tahun Baru 2024

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter melakukan persiapan guna menyambut masa angkutan di libur Nataru 2023/2024. Termasuk menambah jumlah armada KRL Commuter Line Jabodetabek pada malam Tahun Baru 2024.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, selama masa Nataru ini KRL Jabodetabek mengoperasikan sebanyak 1.100 perjalanan setiap harinya, dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB.

Dengan frekuensi perjalanan tersebut, kapasitas angkut pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek sebesar 2.141.340 orang per harinya.

"Khusus di malam pergantian tahun, KRL Jabodetabek juga merencanakan mengoperasikan perjalanan Commuter Line tambahan sebanyak 24 perjalanan di seluruh lintas," ujar Anne di Kantor PT KCI, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Tapi, Anne menambahkan, penambahan 24 armada KRL Jabodetabek ini masih menunggu persetujuan dari lintas stakeholder, dimana nantinya akan resmi diumumkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Lebih lanjut, Anne memprediksi volume pengguna KRL Jabodetabek selama musim Nataru ini akan sebanyak 14,4 juta orang. Itu meningkat sebesar 8 persen jika dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 13,3 juta orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat