uefau17.com

Arus Balik Lebaran 2023, Simak Jadwal Rekayasa Lalu Lintas One Way - Bisnis

, Jakarta Menjelang arus balik Lebaran 2023, rekayasa lalu lintas one way yang dijadwalkan selesai pada 24.00 WIB hari Selasa (25/04), masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian.

Langkah ini dilakukan karena adanya peningkatan signifikan pada volume lalu lintas kendaraan dari arah Timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta atau arus balik, dan prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga esok hari.

Mengutip laman resmi Jasa Marga, Rabu (26/4/2023) rekayasa lalu lintas one way saat ini diberlakukan dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang s.d Km 72 Cikampek.

Adapun pemberlakuan contraflow dua lajur dari Km 72 Cikampek ke Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Jasa Marga mengungkapkan, perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Rabu, 26 April 2023, pukul 24.00 WIB.

Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way, jelas Jasa Marga.

Sementara itu, pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di GT Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura.

Sedangkan rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Himbauan Untuk Pengendara

Dengan padatnya arus lalu lintas saat arus balik mudik lebaran, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Selain itu, pengendara juga dihimbau untuk memastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Pnting juga untuk menyiapkan saldo e-toll minimal Rp. 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan dihimbau untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

3 dari 4 halaman

Cek Diskon 20 Persen Tarif Tol Tangerang-Merak Saat Puncak Arus Balik

Astra Tol Tangerang-Merak akan menebar diskon 20 persen saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2023, dengan pengendara terjauh. Mereka juga menghimbau agar pemudik mengatur perjalanan agar tidak datang bersamaan, sehingga menyebabkan penumpukkan di pelabuhan, jalan arteri hingga jalan tol.

Terlebih saat ini, Presiden Jokowi telah mempersilahkan karyawan menambah waktu liburnya, guna menghindari penumpukkan pemudik saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2023.

"Diskon tarif jarak terjauh yakni Cikupa-Merak sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan, juga akan kembali diberikan kepada calon pemudik yang mau menunda perjalanan baliknya pada tanggal 27 April 2023 jam 06.00 wib sampai 29 April 2023 jam 06.00 wib," ujar Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah, Selasa (25/04/2023).

Ruas tol Tangerang-Merak diprediksi akan mengalami puncak arus balik Idil Fitri 1444H pada 30 April 2023. Kemudian estimasi keramaian kendaraan bakal terjadi mulai 29 April hingga 01 Mei 2023.

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Puncak Arus Balik di Tol Tangerang-Merak

Saat puncak arus balik Lebaran 2023, ruas tol Tangerang-Merak diprediksi akan dipadati 174.294 unit kendaraan.

"Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," ucapnya.

Selama arus mudik lebaran idul Fitri 2023, sejak H-10 hingga lebaran kedua ada 1.665.567 unit kendaraan yang melintas, dengan trafik tertinggi mencapai 21.716 unit kendaraan keluar Gerbang Tol (GT) Merak pada Rabu, 19 April 2023.

Astra Tol Tangerang-Merak mengaku kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 lantaran dioperasikannya tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak dan Ciwandan di Kota Cilegon, serta Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Kabupaten Serang, Banten.

"Arus mudik tahun ini di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya cukup efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi, peningkatan kapasitas lajur jalan maupun layanan pendukung di ruas tol, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang sehingga angkutan barang melintas lebih awal," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat