uefau17.com

H-2 Lebaran, KA Bandara YIA dan Medan Kebanjiran Penumpang - Bisnis

, Jakarta KAI Bandara mencatat sebanyak 38.500 tiket terjual pada masa puncak angkutan lebaran atau H-2 Lebaran di Yogyakarta dan Medan.

Direktur Utama Railink, Porwanto Handry menjelaskan, penjualan tiket meningkat sejak h-7 sampai h-2. Sebanyak 24.000 tiket YIA Reguler dan 7.500 untuk YIA Xpress di Yogyakarta.

"Antusias penumpang menggunakan KA Bandara meningkat karena melihat praktisnya untuk sampai bandara tanpa macet yang sekarang ini sedang dirasakan,” ujar dia, Kamis (20/4/2023). 

KA Bndara Medan

Sementara untuk KA Bandara Medan, 7.000 tiket telah terjual sampai H-2. Penjualan tiket ini juga menunjukkan adanya peningkatan volume penumpang KAI Bandara di angkutan lebaran tahun ini.

"Harapan saya masyarakat semakin menyadari solusi praktis tanpa macet ke Bandara hanya dengan naik KA Bandara yang praktis, mudah,murah, nyaman dan aman," tutup Porwanto.

KAI Bandara berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang agar selalu merasa mudah, nyaman dan aman saat melakukan perjalanan menuju bandara menggunakan KA Bandara.

Untuk harga tiket KA Bandara YIA Reguler Rp 20.000/Orang, YIA Xpress Rp 50.000/Orang dan RP 50.000/Orang berlaku Promo Group minimal 3 Orang untuk KA Bandara Medan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi Melonjak 234 Persen di periode Angkutan Lebaran 2023

Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan KA Bandara Kualanamu Medan tengah bersiap menghadapi angkutan Lebaran 2023.

Direktur Utama PT Railink Porwanto Handry memperkirakan, jumlah penumpang selama musim mudik dan Lebaran nanti akan naik hingga di atas 200 persen.

"KAI Bandara memprediksi jumlah penumpang KA Bandara YIA mencapai 172.409 selama angkutan lebaran 2023. Jumlah penumpang tersebut naik 234 persen jika dibandingkan dengan angkutan lebaran 2022, dan akan ditambahkan juga 12 perjalanan KA pada angkutan lebaran 2023 ini guna memenuhi permintaan masyarakat," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3/2023).

Tak hanya KA Bandara YIA, KA Bandara Kualanamu Medan juga diprediksi mengalami kenaikan penumpang hingga 29.257 orang selama angkutan Lebaran 2023. Porwanto menyebut, jumlah itu naik 144 persen dibandingkan angkutan Lebaran 2022 lalu.

"Sehingga puncak angkutan lebaran akan terjadi diperkirakan pada H-3 Lebaran dan H+5, H+6, dan H+7," imbuh Porwanto.

 

3 dari 3 halaman

Persiapan Lainnya

Persiapan lainnya yang dilakukan menghadapi lebaran, PT Railink dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melaksanakan ramp check atau inspeksi kelengkapan, pelaksanaan posko angkutan lebaran, dan penambahan perjalanan 12 KA untuk Bandara YIA.

Selain itu juga menyiapkan sarana yang handal, dan cadangan sarana yang siap operasi. PT Railink juga senantiasa berkoordinasi dengan PT KAI (Persero) untuk kondisi dari prasarana perkeretaapian, peningkatan pengawasan, hingga pelayanan safety talk.

Untuk tiket KA Bandara YIA perharinya saat ini disediakan 7.200 tiket, akan bertambah menjadi 9.600 tiket pada masa angkutan lebaran 2023 mendatang. Sedangkan KA Bandara Medan per harinya disediakan 4.128 tiket.

"Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink ini semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat, khususnya yang menggunakan KA Bandara Yogya dan Medan," pungkas Porwanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat