uefau17.com

Banyak Karyawan Menyesal Usai Resign, Ternyata Enak Kantor Lama - Bisnis

, Jakarta - Terjadi tren penyesalan di tempat kerja baru-baru ini. Penyesalan tersebut terjadi pada para profesional yang berhenti dari pekerjaan mereka alias resign dan pindah ke tempat kerja baru.

Sebagian besar para pekerja atau karyawan tersebut memutuskan untuk resign dan pindah kerja karena dua alasan. Pertama adalah gaji yang lebih tinggi. Sedangkan alasan kedua adalah kondisi kerja yang lebih baik.

Namun ternyata, 8 dari 10 para profesional yang meninggalkan pekerjaan lamanya tersebut menyesali keputusan itu. Mereka melihat bahwa kesehatan mental, keseimbangan kehidupan kerja, hubungan di tempat kerja, dan kesempatan untuk dipekerjakan kembali semuanya tidak ditemukan di tempat baru.

- Gen Z Paling Banyak Menyesal

Dikutip dari CNBC, Minggu (4/2/2023), pekerja Gen Z yang paling banyak mengenang pekerjaan lama mereka. Sebanyak 89 persen Gen Z mengatakan mereka menyesal berhenti, dan akibatnya, kesehatan mental mereka menurun.

Pengunduran diri ini telah menyebabkan banyak penyesalan oleh karyawan yang mencari peluang baru. Di antara penyesalan itu, para karyawan kemungkinan besar merindukan rekan kerja mereka.

Persahabatan ini menciptakan rasa kebersamaan di antara karyawan sehingga menciptakan budaya perusahaan yang positif yang menjadi hal lain yang dirindukan karyawan dari pekerjaan sebelumnya.

Tampaknya, tunjangan pekerjaan, tunjangan, dan budaya yang menyebabkan para pekerja muda bergabung dengan pengunduran diri besar-besaran tidak cukup untuk membuat mereka puas.

Gen Z melaporkan tingkat kesehatan mental positif dan keseimbangan kehidupan kerja yang paling rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Kesetiaan

Sementara sebagian besar pemberi kerja mengatakan bahwa mereka terbuka untuk mempekerjakan kembali para pencari kerja, tetapi beberapa justru ragu-ragu dan mempertanyakan kesetiaan karyawan.

Banyak pemberi kerja ingin memberikan atau mengembalikan pekerjaan mereka kepada orang-orang, dengan bisnis menengah yang kemungkinan besar telah melakukannya.

Tetapi bagi yang lain, loyalitas di tempat kerja tampaknya membuat pemberi kerja tidak menyambut mereka kembali sama sekali.

Karyawan yang kembali menerima 7 persen kenaikan, tetapi 38 persen pemberi kerja tidak mau menawarkan tunjangan baru kepada mantan karyawan.

Hampir sepertiga pemberi kerja tidak akan mempertimbangkan mengembalikan pekerjaan mereka.

 

3 dari 3 halaman

Membuka Lembaran Baru

Wajar untuk menghabiskan waktu untuk menghapus masa lalu yang indah, tetapi jangan sampai memikirkan masa lalu terlalu lama.

Nostalgia adalah musuh pertumbuhan. Bersikaplah realistis dan lanjutkan jika mantan atasan Anda tidak akan mempekerjakan Anda kembali. Kenali nilai Anda, yakinlah pada diri Anda dan maju terus.

Saat karyawan memikirkan cara membuka lembaran baru, disarankan untuk mulai dengan perspektif baru tentang apa yang dapat Anda kendalikan. Misalnya, Anda mengontrol memiliki teman tepercaya yang meninjau resume Anda. Anda mengontrol membuat koneksi di LinkedIn.

Penulis: Nita Suci Lydiarti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat