uefau17.com

Dalam Setahun, Tiap Warga RI Konsumsi 144 Kg Beras - Bisnis

, Jakarta - Menteri koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah telah menarik kesimpulan terkait rata-rata jumlah konsumsi beras masyarakat per kapita.

Hasil ini didapatkan setelah dirinya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri lain melakukan rapat di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat.

"Rapat tadi adalah kita memvalidasi data-data tentang konsumsi beras. Nah keliatannya kesimpulannya adalah bahwa data konsumsi beras tidak sebesar yang kita bayangkan selama ini," ujar Sofyan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Dia menjelaskan, dari rapat tersebut diketahui bahwa data konsumsi beras masyarakat Indonesia rata-rata sekitar 144 kilogram (kg) per orang per tahun. Angka ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Sudah 3 tahun mereka melakukan studi dan konsisten. Konsumsi beras per kapita sekitar 144 kg," kata dia.

Dengan hasil ini, lanjut Sofyan, pemerintah akan merevisi estimasi jumlah kebutuhan beras di dalam negeri per tahun dan juga produksi beras nasional.

"Jadi kalau kemudian kita ekstrapolasi berarti produksi kita yang harus kita revisi kembali, berapa produksi yang sebenarnya. Itu dikaitkan dengan luas lahan dan hilangnya lahan akibat dari banyak penggunaan untuk kepentingan yang lain," tandasnya. (Dny/Ndw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat