uefau17.com

Telkomsel Terapkan AI di MyTelkomsel Super App, Cari Fitur Lebih Gampang - Tekno

, Jakarta - Telkomsel resmi meluncurkan aplikasi MyTelkomsel versi terbaru, MyTelkomsel Super App. Kini aplikasi milik operator seluler pelat merah itu tak lagi hanya sebatas aplikasi untuk membeli pulsa dan kuota.

MyTelkomsel kini menjadi aplikasi serba bisa. Pasalnya di dalamnya ada berbagai fitur untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia.

Mulai dari mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan cek status penerbangan, belanja, bayar tagihan, menonton video, dengar musik, baca artikel, sampai ke main game.

Bukan hanya itu, aplikasi MyTelkomsel kini juga memungkinkan pengguna untuk bayar parkir yang ke depannya akan meluas ke lebih banyak tempat hingga membayar gerbang tol.

Dengan begitu banyak menu, apa pengguna tak kesulitan saat mencari fitur yang ingin mereka pergunakan?

VP Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Nirwan Lesmana menyebutkan, saat ini dengan MyTelkomsel Super App, Telkomsel menerapkan AI atau kecerdasan buatan.

"Kalau teman-teman pengguna harus selalu menghapal di mana nyarinya (fitur tertentu), kan repot makanya kami perkuat yang namanya search, kami bekerja sama dengan Google, menggunakan AI mereka," kata Nirwan, ditemui saat peluncuran MyTelkomsel Super App, Rabu (16/7/2024).

Lebih lanjut, penggunaan AI milik Google pada aplikasi MyTelkomsel ini karena kecerdasan buatan milik raksasa internet itu dinilai memiliki kapabilitas yang baik.

Dengan begitu, ketika pengguna melakukan pencarian tentang fitur apa pun yang sedang dibutuhkan, pengguna tak akan lagi merasa kesulitan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permudah Pencarian

"Ketik aja di situ (kolom pencarian di aplikasi) nyari apa, akan langsung keluar. Itu yang secara signifikan kami kembangkan," kata Nirwan.

Ia pun menyontohkan, ketika pengguna ingin menggunakan aplikasi MyTelkomsel Super App untuk merekam kegiatan olahraga lari mereka. Pengguna hanya perlu melakukan pencarian di kolom yang ada.

"Misalnya ingin mencari, 'di mana sih yang disebut fitur lari?' Kalau Anda perhatikan, dulu fitur-fitur itu namanya menu, sekarang mall, karena sudah bukan telko tetapi apa pun ada di dalamnya. Jadi kalau repot mencarinya, pengguna hanya perlu mengetikkan," ia menjelaskan.

Telkomsel merasa, karena ada begitu banyak layanan di dalam aplikasi MyTelkomsel, fitur kolom pencarian pun perlu ditingkatkan. Hal ini perlu dilakukan agar pengguna tidak kebingungan mencari layanan-layanan yang ingin mereka gunakan.

"Kami siapkan seperti satpam yang bisa ditanya kapan pun," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Meski Banyak Layanan, Telkomsel Janjikan Aplikasi Tak Berat

Nirwan juga menyebut, meski ada banyak fitur dan menu di dalamnya, aplikasi MyTelkomsel ini tidak berat ketika dijalankan di smartphone karena Telkomsel menggunakan teknologi di cloud sehingga ponsel tetap bisa menjalankan aplikasi dengan normal.

Justru dengan memiliki aplikasi MyTelkomsel sebagai super app di smartphone pengguna tak membutuhkan banyak aplikasi di smartphone mereka. Pasalnya, semua layanan bisa dipenuhi, termasuk pengukuran aktivitas olahraga, membayar tagihan, pesan tiket pesawat, dan lainnya.

Dengan hadirnya aplikasi MyTelkomsel Super App ini, Telkomsel juga nantinya akan mematikan aplikasi-aplikasi layanan pelanggan untuk tiap produk mereka.

 

 

4 dari 4 halaman

Gabungkan MyIndiHome

Misalnya aplikasi MyIndiHome, MyOrbit, dan lainnya. "Aplikasi seperti MyIndiHome nantinya akan ditutup karena MyTelkomsel sudah mencakup semuanya. Apa pun yang ingin dinikmati, semuanya ada di MyTelkomsel," ujarnya.

Nirwan menjelaskan, tenggat waktu penutupan aplikasi MyIndiHome adalah di Januari 2025. Setelah migrasi selesai nantinya aplikasi MyIndiHome juga akan dihapus dari toko aplikasi.

Nantinya, para pengguna aplikasi MyIndiHome akan mendapatkan notifikasi untuk beralih ke MyTelkomsel. Meski begitu, pihak Telkomsel tengah menyediakan layanan yang sebelumnya ada di MyIndiHome untuk dipindahkan ke MyTelkomsel.

"Harus disediakan dulu layanan MyIndiHome di MyTelkomsel, kalau perlu di-mirror dulu, baru kami bisa menutup ini. Jangan sebaliknya, tutup dulu tapi aplikasi penggantinya belum siap," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat