uefau17.com

Yah, iPhone Lawas Nggak Dapat Fitur AI Terkini di iOS 18 - Tekno

, Jakarta - Apple dikabarkan sedang mengembangkan fitur kecerdasan buatan untuk sistem iOS 18 yang tak lama lagi akan segera rilis. Kendati demikian, fitur tersebut tidak akan hadir di lini iPhone keluaran lama.

Menurut analis, Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Minggu (9/6/2024), fitur AI di iOS 18 hanya akan ada secara eksklusif di ponsel iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Alasannya kemungkinan karena Apple menilai kemampuan komputasi di lini iPhone lawas tidak cukup kuat untuk menjalankan fitur AI.

Mark Gurman mengatakan mungkin ada beberapa fungsi berbasis AI pada perangkat yang dapat ditangani oleh model iPhone 15 Pro dan versi lebih baru, tetapi tidak dapat ditangani oleh model lama dan model iPhone 15 non-Pro dengan A16 Bionic.

Langkah seperti ini juga dilakukan oleh Samsung dan Google. Sebelumnya mereka juga tidak menghadirkan seluruh kemampuan AI di perangkat lama mereka.

Laporan tersebut mengungkapkan fungsi AI dasar di iOS 18 akan berjalan di perangkat tanpa memerlukan akses internet, sementara fitur yang lebih canggih memerlukan kemampuan pemrosesan yang lebih besar dan akan bergantung pada server Apple.

iOS 18 dilaporkan akan menyertakan fitur AI seperti peringkasan notifikasi, penghapusan objek dari gambar, aplikasi catatan yang diperbarui dengan kemampuan peringkasan dan konversi ucapan-ke-teks, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Apple juga menambahkan teknologi baru pada Siri, seperti kemampuan untuk membuka dokumen tertentu, menghapus email, meringkas artikel, dan lain sebagainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Sebar Undangan WWDC 2024, Tunggu Kejutan iOS 18 yang Diklaim Makin Pintar

Untuk memperkenalkan fitur AI terbaru mereka, Apple telah mengirimkan undangan untuk acara tahunan mereka yakni WWDC 2024 (Worldwide Developers Conference). Berdasarkan informasi dari undangan itu, konferensi ini akan digelar pada 10 Juni 2024 pukul 10.00 pagi Waktu setempat (11 Juni 2024 pukul 00.00 WIB).

Mengutip informasi dari CNET, Kamis (30/5/2024), WWDC 2024 akan menjadi ajang debut sejumlah produk terbaru Apple. Meski Apple masih merahasikan detail acara tersebut, sejumlah bocoran mengenai produk yang akan diperkenalkan di acara tersebut sudah bermunculan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah iOS 18. Sistem operasi baru ini banyak diperbincangkan karena disebut akan menyertakan berbagai fitur AI yang canggih.

Bahkan, laporan terbaru menyebut Apple akan mengintegrasikan kemampuan AI ke sejumlah fungsi di iOS 18, seperti pengeditan foto, pengiriman pesan, emoji, hingga Siri yang lebih komunikatif.

3 dari 4 halaman

Apple Gandeng OpenAI, iOS 18 Bakal Makin Pintar?

Sebagai informasi, sejak beberapa waktu lalu, rumor seputar kemampuan iOS 18 memang telah banyak beredar di internet. Bahkan, untuk meningkatkan kemampuannya, perusahaan dilaporkan bersiap menjalin kerja sama dengan OpenAI. 

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple dan OpenAI saat ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa ChatGPT ke produk buatan mereka.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (28/5/2024), Apple dan OpenAI telah mencapai kesepakatan agar OpenAI menyediakan fitur chatbot di iOS 18.

Ia menambahkan, kesepakatan ini akan menjadi materi acara WWDC Apple pada bulan Juni 2024.

Meski telah menyutui kesepakatan dengan OpenAI, Apple disebut ingin menggabungkan semua teknologi AI yang beredar ke platform mereka.

Laporan itu mengatakan kalau Apple juga masih menawarkan kesepakatan dengan Google untuk menghadirkan Gemini sebagai opsi tambahan.

Pun demikian, Apple juga berencana untuk mengembangkan teknologi AI mereka sendiri. Menurut laporan, Apple juga tengah mengerjakan model Ajax AI untuk analisis teks pada perangkat, balasan cerdas, dan ringkasan berbasis AI.

Dengan kata lain, kesepakatan OpenAI disebut akan digunakan penerapan teknologi ChatGPT akan digunakan untuk tuugas AI yang lebih berat, seperti menganalisis teks yang lebih panjang, pembuatan gambar, dan tugas-tugas serupa yang menutut performa lebih tinggi.

4 dari 4 halaman

Apple Takkan Perkenalkan Perangkat Baru di WWDC 2024, Apa Alasannya?

Kendati demikian, Apple disebut tidak akan memperkenalkan perangkat baru di pagelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024.

Sebagai informasi, acara untuk pengembang itu akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. Pada acara tersebut, Apple memperkenalkan sejumlah inovasi baru terkait software mereka, seperti iOS, macOS, iPadOS, dan sejumlah software lainnya.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Kamis (6/6/2024), perusahaan teknologi asal Cupertino itu tidak berencana untuk meluncurkan perangkat keras apapun di acara WWDC 2024.

“Tidak ada perangkat keras yang dijadwalkan untuk diumumkan di WWDC, kecuali Apple tiba-tiba terlambat melakukan pratinjau perangkat baru," ujar Mark Gurman.

Sebelumnya, Mark Gurman telah membocorkan informasi mengenai Apple yang berencana memperkenalkan perangkat Apple TV baru dengan prosesor lebih kencang dan banderol harga lebih terjangkau.

Namun, salah satu analis Apple menepis kabar tersebut dan menyebutkan kalau TV Box itu tidak akan hadir dalam waktu dekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat