uefau17.com

PSI dan Gerindra Beri Sinyal Koalisi di Pilkada Surabaya 2024, Calonkan Bayu Airlangga? - Surabaya

, Surabaya - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya membuka opsi berkoalisi pada Pilkada 2024.

Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya A.H Thony mengatakan komunikasi pembentukan koalisi sudah mulai dibahas sejak kedatangan pengurus PSI setempat ke kantor partainya, pada Selasa (14/5/2024).

"Ini sudah ada komunikasi dengan PSI, kami berterima kasih karena PSI punya semangat yang sama," kata Thony.

Thony menyatakan pembentukan koalisi ini mengacu pada akumulasi peroleh kursi kedua partai di DPRD Kota Surabaya.

Pada Pemilu 2024, Partai Gerindra mengalami kenaikan kursi dari sebelumnya lima menjadi delapan kursi. Sedangkan, PSI naik dari empat menjadi lima kursi.

Selain itu, kata dia, Gerindra dan PSI sama-sama tergabung di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berhasil memenangkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pemilu 2024.

"Di Surabaya kami menduplikasi keberhasilan di pusat, syukur-syukur nanti bisa cair dengan partai non-KIM," ujarnya.

Terpisah, Pelaksana tugas Ketua DPD PSI Kota Surabaya Shobikin mengatakan pertemuan dengan para pengurus Gerindra yang telah dilakukan pekan lalu semakin memperkuat ikatan batin kedua partai politik.

"Memang sudah ada ke arah sana untuk berkoalisi walaupun masih belum final. Kami berharap semua bisa mempersembahkan yang terbaik," ujarnya.

Dia berharap langkah menyongsong Pilkada Surabaya ini bisa berjalan berkelanjutan dan lancar.

"Pembahasan soal Pilkada tentunya tidak ada hambatan, referensi sudah sama," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calonkan Bayu Airlangga?

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berancang-ancang melanjutkan kerja sama bersama para partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Bayu Airlangga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2024.

"Bayu itu juga Golkar dan Ketua Projo Jawa Timur, tentu kami buka opsi-opsi itu. Apalagi akan sangat kuat jika parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mendorong Bayu Airlangga maju di Pilkada Surabaya," kata Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Timur Teguh Cahyadi atau Gus Din dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Jumat 10 Mei 2024.

Selain merupakan kader Partai Golkar, Gus Din menyatakan Bayu Airlangga merupakan figur yang punya perhatian kepada rakyat.

Kemudian, Bayu juga acap kali turun ke bawah untuk membantu merampungkan segala persoalan yang dihadapi masyarakat.

Gaya politik yang diperlihatkan Bayu, kata Gus Din mengingatkannya dengan Soekarwo atau Pakde Karwo.

"Surabaya butuh sosok merakyat, egaliter. Tentu opsi-opsi ini sangat terbuka untuk dipertimbangkan PSI. Yang pasti, PSI mendukung calon yang mau melanjutkan pembangunan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat