uefau17.com

PLN Tambah Genset untuk Kebutuhan Listrik Warga Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru - Surabaya

, Lumajang - PLN menambah bantuan genset untuk kebutuhan arus listrik di Dusun Sumberlansep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro Lumajang yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Total ada 12 genset dengan kapasitas 900, 5.500 dan 10.000watt yang diperbantukan PLN ULP Tempeh, UP3 Jember. Penambahan bantuan genset tersebut lantaran proses normalisasi aliran listrik di Dusun Sumberlangsep masih terhambat cuaca.

“Pemulihan jaringan listrik ini merupakan wujud komitmen PLN untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan kami usahakan besok sore selesai jika cuaca mendukung," ujar Manager PLN UP3 Jember Alimuddin, Senin (22/4/2024).

Selain memulihkan jaringan listrik, PLN juga terus berkoordinasi dengan Muspika setempat dan BPBD Lumajang terkait informasi jika ada bencana susulan. PLN juga telah menyiapkan tim untuk siaga dan siap melakukan penanganan jika terjadi gangguan kelistrikan di wilayah terdampak.

"Belum rampung (perbaikan aliran listrik) tapi sudah ada genset kurang lebih 12 buah. Besok Insyaallah teraliri (listrik) jika cuaca memungkinkan," jelas Buyung Marthinus, Tim Leader Pemeliharaan PLN UP3 Jember.

Dia mengatakan, pengerjaan perbaikan jaringan listrik sudah dilaksanakan untuk wilayah yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru. Ada tiga wilayah, yaitu Dusun Liwek (Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian) Dusun Sumberlangsep (Desa Jugosari Kecamatan Candipuro) dan sebagian wilayah Kecamatan Pasirian.

Dari laporan tim lapangan, semua wilayah kecuali Dusun Sumberlangsep sudah kembali menerima aliran listrik dengan normal.

"Kami sudah melakukan pembongkaran dan pemilahan peralatan yang rusak, persiapan Material pengganti, mobilisasi petugas dan peralatan pendukung, pembongkaran konstruksi, mobilisasi tiang, tinggal pendirian tiang dan pemasangan konstruksi, kami terkendala cuaca hari ini," lanjut Buyung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Tiang Listrik Patah

Sedikitnya ada 2 tiang 13 meter patah, 2 tiang 9 meter roboh, 1 konstruksi TM1 rusak, 1 konstruksi TM2 rusak dan 2 konstruksi TR1 rusak akibat bencana banjir lahir dingin kali ini. Pihak PLN tengah berupaya maksimal untuk penanganan dan perbaikan aliran listrik di seluruh wilayah yang terdampak banjir.

"Kita upayakan secepatnya, kami dari Tim ULP Tempeh, ULP Lumajang dan UP3 Jember dibantu vendor akan melakukan upaya terbaik, estimasi nyala total  Senin, tanggal 22 April 2024," pungkasnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat