uefau17.com

QRIS Palsu Kotak Amal Bikin Resah, MUI Minta Pengurus Masjid Waspada Stiker Asing - Surabaya

 

 

, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH  Muhammad Cholil Nafis menyesalkan penipuan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di masjid-masjid karena mengelabui umat. 

"Saya menyesalkan penipuan dengan QRIS karena itu mengelabui umat," kata Cholil Selasa 11 April 2023, dikutip dari Antara. 

Selain itu dirinya menyesalkan karena pelaku sudah pasti orang pintar dan tahu cara memanfaatkan kelemahan penggunaan QRIS.

Dia mengimbau agar seluruh masjid melakukan pengecekan agar stiker-stiker sejenis tidak ditemukan dalam masjid supaya tidak ada korban berikutnya. 

"Kasihan, ini bulan Ramadhan, orang-orang lagi pada dermawan, eh ternyata ada yang menipu disini," kata Cholil. 

Selain itu, ia juga menyarankan kepada para pengurus masjid agar melaporkan ke pihak berwajib jika menemukan stiker-stiker sejenis agar bisa segera dilacak. 

Menurutnya perbuatan itu tidak hanya dilakukan oleh satu atau dua orang. Maka ia berharap agar pihak berwajib melacak komplotan penempel stiker QRIS palsu ini. 

"Harus dicari siapa komplotannya, harus transparan agar masyarakat tidak ada lagi yang menjadi korban," tambahnya. 

Cholil juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak bersedekah menggunakan QRIS maka agar waspada dan teliti untuk melihat nama yang tertera. Pastikan nama yang tertera adalah nama yayasan atau masjid dimana stiker tersebut berada.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku Ditangkap

Mantan pegawai salah satu Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mohammad Iman Mahlil Lubis (MIML) terseret dalam tindak pidana dugaan penipuan. Akibat aksinya menempel barcode QRIS palsu di sejumlah kotak amal di beberapa masjid.

“Latar belakang yang bersangkutan pernah bekerja di salah satu bank, salah satu Bank BUMN,” ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/4).

Penangkapan pun dilakukan usai aksi Iman Mahlil Lubis viral di media sosial. Dengan melakukan pengejaran terhadap pelaku di salah satu kosan kawasan Patal, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (11/4) dini hari.

Dari video yang diterima, terlihat sosok Iman Mahlil yang berada di salah satu ruangan sepetak. Langsung digerebek sejumlah petugas polisi, berseragam bebas untuk menggeledah sejumlah barang bukti di lokasi.

"Ini apa, ponselnya mana?" tanya salah satu petugas.

Sambil diminta membuka masker, Iman Mahlil kemudian memberikan beberapa barang yang diminta oleh petugas. Sampai alkhirnya, petugas menemukan sejumlah barcode QRIS 'Restorasi Mesjid' yang bakal ditempelkan pelaku.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat