uefau17.com

Thomas Djiwandono Bakal Dilantik Jadi Wamenkeu, Bagaimana Gerak IHSG Hari Ini? - Saham

, Jakarta - Politikus Partai Gerindra Thomas Djiwandono akan dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sore ini. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Kementerian Keuangan dan Partai Gerindra. 

"Nanti pelantikannya di istana. Kita buatkan presconnya untuk teman wartawan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Deni Surjantoro, saat ditemui di Semarang, Kamis (18/7/2024).

Hal ini juga dibenarkan pengurus Partai Gerindra. "Betul. Terimakasih," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad lewat pesan suara kepada wartawan, Kamis (18/7/2024).

Untuk diketahui, Thomas Djiwandono saat ini menjabat sebagai Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menangani program makan siang gratis.

Selain Wamenkeu, Presiden juga akan melantik Wakil Menteri Investasi (Wameninves), dan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

"Hari ini, tanggal 18  Juli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

"Posisi Wakil Menteri yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wamenkeu, pengangkatan Wameninves dan pergantian Wamentan," sambungnya.

Jelang pelantikan 3 wamen termasuk Wamenkeu Thomas Djiwandono, bagaimana gerak pasar? 

Pada hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melonjak signifikan setelah sebelumnya turun dalam tiga hari beruntun sejak awal pekan.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, IHSG melonjak 72,86 poin atau setara 1,01% ke level 7.297,07, hingga pukul 10.36 WIB.

IHSG pada awalnya dibuka stagnan di level 7.224,22 dan sempat bergerak melemah ke level 7.220,09. Namun, IHSG segera menguat hingga sempat menyentuh level tertinggi di 7.299,47.

Adapun tercatat sebanyak 284 saham naik, 217 saham turun, dan 256 saham stagnan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Thomas Djiwandono?

Dikutip dari laman gerindra.id, Thomas M. Djiwandono, biasa dipanggil Tommy, lahir di Jakarta, 7 Mei 1972. Tommy adalah anak pertama dari pasangan Sudrajad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura.

Sedangkan ibunya Bianti adalah kakak kandung Prabowo Subianto pendiri Partai Gerindra. Thomas juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46. Thomas sudah menikah dan dikaruniai tiga orang anak.

Dalam pendidikan, Thomas M. Djiwandono termasuk keluarga berpendidikan. Thomas sekolah di SMP Kanisius, Menteng, Jakarta.

Thomas berkuliah di luar negeri di bidang studi sejarah di Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat