uefau17.com

Melihat Kontribusi Bisnis Berkelanjutan Astra untuk Indonesia - Saham

, Jakarta - Astra melaksanakan berbagai inisiasi keberlanjutan melalui tujuh lini bisnis untuk mengakselerasi transisi menuju perusahaan yang lebih sustainable, dengan kontribusi positif dalam memastikan kebutuhan generasi saat ini dan generasi masa depan.

Inisiasi tersebut diwujudkan sesuai dengan prinsip yang tertuang pada Astra 2030 Sustainability Aspirations. Tujuh lini bisnis berkelanjutan Astra terdiri dari Otomotif; Jasa Keuangan; Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi; Agribisnis; Infrastruktur dan Logistik; Teknologi Informasi; dan Properti.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menuturkan,Astra telah menyatakan komitmen untuk secara konsisten melakukan transisi, baik dari sisi portofolio bisnis, pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, serta berkontribusi dalam kemajuan sosial di Indonesia agar dapat menjadi organisasi yang lebih berkelanjutan.

"Untuk itu, Astra telah menetapkan Astra 2030 Sustainability Aspirations sebagai panduan untuk perjalanan transisi untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (7/6/2024).

Berikut transisi menuju perusahaan yang lebih berkelanjutan diterapkan pada tujuh lini bisnis Astra yang diterapkan melalui inisiasi sebagai berikut:

1. Otomotif

Astra melalui lini bisnis Otomotif berperan dalam mengurangi emisi karbon melalui kontribusi yang menyeluruh pada upaya akselerasi ekosistem elektrifikasi di sektor otomotif.

Saat ini, Astra telah memasarkan tiga model mobil battery electric vehicle (BEV), dua model mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), dan 14 model mobil hybrid electric vehicle (HEV) di bawah merek Toyota, Lexus, serta lima model BEV dan satu model PHEV di bawah merek BMW.

Sementara untuk roda dua, Astra Honda Motor telah memasarkan dua model sepeda motor BEV, yaitu EM1 e: dan EM1 e: PLUS. Dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, Astra melalui Astra Otoparts telah meluncurkan Astra Otopower sebagai jaringan pengisian daya kendaraan listrik.

Saat ini Astra Otopower memiliki 31 unit mesin pengisi daya untuk digunakan oleh publik yang tersebar di 28 lokasi di Pulau Jawa, seperti di gedung perkantoran, hunian, tempat peristirahatan jalan tol, dan di beberapa lokasi lain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jasa Keuangan

Astra Financial sebagai lini bisnis jasa keuangan dengan 14 anak usahanya memperluas program Penanaman Pohon di area kritis yang bertujuan untuk mengurangi jejak karbon.

Selama 2023, Astra Financial telah menanam lebih dari 58.000 pohon di 29 Provinsi di Indonesia untuk menyerap karbondioksida, memperkuat ekosistem lokal, memelihara keanekaragaman hayati, serta mitigasi bencana.

3. Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi

United Tractors dan anak usahanya, sebagai lini bisnis Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, mengembangkan strategi bisnis ke depan yang difokuskan pada sektor pertambangan mineral dan energi terbarukan melalui pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) serta pengembangan potensi pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM) untuk meningkatkan bauran energi terbarukan.

Hal ini diperkuat oleh komitmen strategis Astra untuk tidak berinvestasi di tambang batu bara dan pembangkit listrik tenaga batu bara yang baru sehingga berfokus pada peluang investasi baru di sektor pertambangan nonbatu bara dan mineral lainnya seperti nikel dan emas.

3 dari 4 halaman

4.Bisnis Agribisnis

Dalam lini bisnis Agribisnis, Astra Agro telah menerapkan beberapa rencana program adaptasi untuk meningkatkan ketahanan iklim dengan salah satu fokus utama yaitu membangun fasilitas methane capture untuk menangkap gas metana yang dihasilkan dalam pengolahan limbah cair atau Palm Oil Mill Effluent (POME) dan dimanfaatkan kembali sebagai sumber energi alternatif untuk pabrik.

5. Infrastruktur dan Logistik

Astra Infra sebagai perusahaan dalam lini bisnis infrastruktur dan logistik terus berkomitmen untuk menjadi lebih proaktif dalam mendukung upaya keberlanjutan dengan mendorong peningkatan bauran energi terbarukan untuk mengelola energi yang lebih ramah lingkungan melalui berbagai inisiatif program.

Program itu antara lain pemasangan solar panel untuk penerangan jalan umum dan kantor operasional di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, dan Pelabuhan Penajam Banua Taka, penggunaan biofuel dan implementasi eco driving, serta pemasangan stasiun pengisian kendaraan listrik Umum (SPKLU) di delapan titik rest area di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, dan Rest Area KM 456 Semarang-Solo.

4 dari 4 halaman

6. Teknologi Informasi

Astragraphia turut memasarkan produk yang menggunakan bahan baku ramah lingkungan. Seperti halnya penggunaan material dan toner yang telah diimplementasikan dengan teknologi seperti SUPER EA-ECO toner dan Smart Energy Management yang fungsinya untuk mengurangi konsumsi daya dan emisi CO2 pada perangkat mesin cetak FUJIFILM Business Innovation.

Dengan penerapan teknologi terbaru ini, proses pencetakan dapat dilakukan dengan suhu yang lebih rendah 30- 35oC, dibandingkan toner konvensional yang mencapai 200-250oC.

7. Properti

Astra Property berupaya untuk memajukan keberlanjutan melalui inisiatif yang mengutamakan efisiensi air dan listrik serta sertifikasi bangunan ramah lingkungan.

Seperti halnya pemasangan PLTS di Menara Astra, dan penerapan Water Sensitive Urban Design seperti di Ammaia Ecoforest, salah satu portofolio milik Astra Property.

Komitmen Astra dalam menjadi perusahaan dengan bisnis yang lebih berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat