uefau17.com

Mencicipi Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir H Syafei, Kuliner Legendaris di Palembang - Regional

, Bandung - Ketika membicarakan kuliner di kota Palembang tentu yang paling diingat adalah kuliner pempek. Namun, banyak orang tidak mengetahui selain pempek, terdapat kuliner khas lainnya di Palembang yang tidak kalah menggugah selera.

Di antaranya tekwan, model, kopi, hingga mi celor yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Melansir dari situs Giwang Sumsel Prov, mi celor dikenal sebagai kuliner hidangan mi khas yang berasal dari Palembang.

Makanan ini mempunyai keunikan tersendiri karena campuran bumbu dan cara penyajiannya yang berbeda dari mi lainnya. Sebagai informasi kata “celor” sendiri berasal dari bahasa Melayu Palembang yang berarti direndam ke dalam air panas atau seduh.

Singkatnya mi celor disajikan dengan cara dicelor atau diseduh lalu dicampur menggunakan kuah santan dan kaldu udang yang kental dan gurih. Satu porsi mi celor juga biasanya menggunakan pelengkap seperti telur rebus, tauge, dan kucai.

Ukuran dari mi celor dikenal dengan ukuran yang lebih besar daripada mi pada umumnya sehingga teksturnya mirip seperti mi Aceh atau udon dari Jepang. Mi celor yang digunakan biasanya adalah mi kuning atau mi telur.

Saat ini, asal usul mi celor sendiri tidak diketahui pasti asalnya, tetapi berdasarkan dari beberapa sumber, kemungkinan mi celor merupakan perpaduan dari hidangan Melayu dan Tionghoa.

Salah satu tempat makan mi celor yang wajib untuk dicoba adalah Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei. Tempat makan ini menjadi salah satu kuliner legendaris dan populer karena sudah dikunjungi oleh sejumlah public figure terkenal Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal Usul Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei

Melansir dari beberapa sumber Mie Celor 26 Ilir H M Syafei merupakan salah satu kuliner legendaris di Palembang. Pasalnya tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan saat ini dikelola oleh generasi ketiganya.

Kuliner yang satu ini juga disebut-sebut sebagai pelopor Mi Celor di kota Palembang. Adapun Mie celor 26 Ilir H.M Syafei terkenal di antara para pencinta kuliner karena rasanya yang gurih dan kuah santan yang kental.

Sebagai kuliner legendaris tempat makan ini sudah mempunyai cabang di beberapa tempat. Diketahui cabang pusatnya ada di Jl. Kh. Ahmad dahlan No.2, 26 Ilir yang selalu ramai pengunjung.

Mi celor di tempat makan ini tidak hanya terkenal karena rasanya tetapi juga memiliki pilihan menu yang disesuaikan dengan selera. Bahkan terdapat menu satu porsi mie celor jumbo yang mengenyangkan.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Mie Celor 26 Ilir H M Syafei

Mi celor di tempat makan ini menjadi daya tarik banyak orang terutama para pendatang untuk mencicipi menu mi celor autentiknya. Pasalnya, tempat makan ini disebut-sebut sebagai pelopor mi celor di Palembang.

Satu porsi mi celor memang hampir serupa dengan mi godog khas Magelang namun yang membedakan adalah bumbu khas dan isiannya. Secara umum mi celor biasanya berisikan udang, ebi, telur rebus, hingga tauge.

Kemudian kuahnya memiliki bumbu yang khas dan unik karena berasal dari campuran kaldu udang dan santan. Tidak sedikit para pencinta kuliner juga menyebutkan mi celor memiliki tampilan mirip spageti.

Tentunya rasa mi celor jauh lebih berbeda karena memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat disantap karena mengandung bumbu khas kaya akan rempah. Tempat makan ini juga menjadi kuliner yang populer karena sudah dikunjungi oleh sejumlah orang ternama.

Melansir dari media sosialnya, tempat ini sudah pernah dikunjungi oleh artis Amel Carla, Bella Graceva, Chef Juna, Tanboy Kun, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Harga Mie Celor 26 Ilir H M Syafei

Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei sudah mempunyai sejumlah cabang di beberapa wilayah. Diketahui pusatnya berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2, 26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pada cabang pusatnya, tempat ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Tempat makan ini bisa dijumpai dengan mudah karena tidak jauh dari sejumlah penginapan, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

Adapun cabang lain Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei berada di Sekip Pangkal dan MP. Mangkunegara, Kenten. Sementara untuk harganya satu porsi Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei dibanderol dengan harga yang cukup ramah dikantong.

Melansir dari daftar menu yang tertera di media sosialnya harga mi celor original di tempat ini dibanderol dengan harga Rp 24 ribu. Kemudian terdapat menu mie celor lain di antaranya mi celor jumbo Rp 36 ribu, mi celor udang Rp 59 ribu, hingga mi celor spesial Rp 62 ribu.

Tempat ini juga menyediakan menu lain seperti laksan, srikaya, hingga minuman segar untuk mendampingi makanannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat