uefau17.com

Mengenal Suraloka Interactive Zoo, Wisata Edukasi Satwa Menyenangkan di Yogyakarta - Regional

, Bandung - Kebun binatang masih menjadi salah satu tempat yang sempurna untuk mengajak anak berjalan-jalan sekaligus belajar tentang berbagai jenis hewan secara langsung. Sehingga anak-anak dapat melihat hewan-hewan yang biasanya mereka lihat pada foto atau video.

Mengunjungi kebun binatang menjadi wisata edukasi yang mengajak anak belajar lebih dalam untuk melihat lingkungan hewan yang menyerupai habitat aslinya. Kemudian anak bisa memahami dengan lebih baik tentang perilaku dan lingkungan hidupnya.

Bahkan, melihat hewan secara langsung bisa mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap makhluk hidup lainnya dan anak belajar menjadi lebih menghargai keberagaman hayati dan pentingnya konservasi hewan.

Selain itu, di beberapa kebun binatang, biasanya mempunyai program pendidikan yang mengajarkan tentang spesies yang terancam punah, serta bagaimana upaya menjaga hewan tersebut untuk tetap dilindungi.

Mengetahui pentingnya menjaga hewan terutama yang terancam punah, tentu bisa mengajarkan anak-anak memahami betapa pentingnya peduli terhadap lingkungan dan hewan sejak dini.

Berwisata ke kebun binatang juga dapat membantu anak meningkatkan keterampilan sosialnya karena memberikan kesempatan anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Serta, dapat memperkuat hubungan keluarga karena adanya komunikasi efektif di antara keluarga.

Menikmati waktu berlibur ke kebun binatang juga tidak hanya menawarkan edukasi yang baik tetapi juga memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan kreativitas dan rasa ingin tahu anak.

Kemudian anak juga dapat menikmati waktu berlibur yang menyenangkan karena beberapa kebun binatang biasanya tidak hanya menawarkan pengetahuan tentang hewan tetapi juga terdapat wahana area bermain, pertunjukan hewan, atau memberi makan hewan.

Di Yogyakarta sendiri terdapat tempat wisata satwa menarik yang bisa dikunjungi untuk berlibur bersama anak di akhir pekan. Wisata tersebut dikenal dengan nama Suraloka Interactive Zoo atau Suraloka Zoo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Suraloka Interactive Zoo

Melansir dari beberapa sumber, tempat wisata ini menawarkan banyak sekali daya tarik salah satunya wisata edukasi terkait satwa. Tempatnya tidak hanya menampilkan satwa yang beragam tetapi juga memiliki wahana menarik untuk anak-anak.

Suraloka Interactive Zoo juga populer dijadikan destinasi berlibur untuk anak-anak khususnya kelompok anak sekolah untuk belajar mengenal satwa. Berdasarkan media sosial Instagram resminya terdapat sejumlah satwa yang bisa dikenal anak-anak.

Di antaranya otter atau berang-berang, kuda, ular, ikan, kambing merino, kura-kura, alpaca, burung, capybara dan masih banyak lagi. Selain mengenal satwa tempat ini juga menerapkan konsep unik yang interaktif, edukatif, dan rekreasi.

Para pengunjung tidak hanya mempelajari tentang hewan tetapi juga aneka flora dan fauna. Anak-anak juga dapat bermain di wahana yang tersedia dan beristirahat di restoran dan cafe yang memiliki pemandangan dan dekorasi cantik.

Sebagai informasi makanan di tempat ini juga menyajikan menu yang ramah untuk anak-anak, mulai dari makanan berat khas nusantara dan barat hingga cemilan nikmat dan minuman segar.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Fasilitas Suraloka Interactive Zoo

Mengutip dari media sosial resminya, tiket masuk ke Suraloka Interactive Zoo dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau terutama pada hari biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000 dan akhir pekan Rp35.000.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata secara berkelompok atau rombongan dapat memesan langsung melalui nomor kontak yang tersedia pada media sosial resminya. Selain itu, terdapat paket tiket menarik yang bisa dipilih para wisatawan.

Di antaranya, tiket paket bermain yang dibanderol dengan harga Rp50 ribu yang terdiri dari tiket masuk, taman kelinci dan memberi makan, kereta Thomas, game coin, hingga voucher booth.

Kemudian terdapat tiket paket berpetualang yang dibanderol dengan harga Rp100 ribu terdiri dari tiket masuk, taman kelinci dan memberi makan, memberi makan sulcata, kereta thomas, carousel, game coin, voucher booth, hingga S.T.E.A.M.

Paket selanjutnya adalah paket jelajah yang dibanderol dengan harga Rp 150 ribu terdiri dari tiket masuk, paket feeding animal, high rope, kuda sandel, carousel, flying fox, game coin, dan voucher booth.

Bagi wisatawan yang tidak ingin mengambil paket masih bisa membeli harga tiket sejumlah wahana berikut:

  • Taman Kelinci + Feeding: Rp 20.000
  • Kereta Thomas: Rp 15.000
  • High Rope: Rp 20.000
  • Flying Fox: Rp 30.000
  • Kuda Sandel: Rp 30.000
  • Playground Indoor: Rp 40.000
  • Kuda Poni: Rp 50.000
  • Carousel: Rp 15.000
  • Game Coin: Rp 10.000
  • S.T.E.A.M (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) : Rp 20.000

Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah lengkap mulai dari musala, area parkir, poliklinik, ruang menyusui, spot foto unik, hingga kursi roda dan stroller bayi. Sebagai informasi harga tiket yang disebutkan di atas dapat berbeda sewaktu-waktu dan disarankan untuk selalu memeriksa media sosial resminya untuk harga tiket terbarunya.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Suraloka Interactive Zoo

Suraloka Interactive Zoo berlokasi di Jalan Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian tempatnya buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Tempat wisata ini diketahui masih berada di kawasan wisata populer Gunung Merapi Jogja dan tempat wisata populer lainnya. Para wisatawan yang datang dari Stasiun Tugu Yogyakarta dapat menempuh perjalanan sekitar 25,3 km atau 43 menit perjalanan.

Kemudian wisatawan yang datang dari kawasan Malioboro Yogyakarta juga dapat menempuh jarak yang kurang lebih sama sekitar 24 km. Tempat ini juga bisa diakses dari pusat kota Semarang dengan menempuh jarak 119 km atau 2 jam 39 menit perjalanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat