uefau17.com

Mengintip Indahnya Labuan Cermin, Danau Memesona di Kalimantan Timur - Regional

, Bandung - Kalimantan dikenal sebagai pulau terbesar ketiga di dunia yang memiliki berbagai tempat mempesona dengan keindahan alamnya. Kalimantan dikenal sebagai pulau hutan hujan tropis yang lebat dan rumah untuk berbagai flora dan fauna menarik.

Para pecinta alam dan petualang banyak yang tertarik untuk mengunjungi Kalimantan untuk melihat keindahan alamnya. Pasalnya Kalimantan memiliki banyak wisata alam cantik mulai dari sungai besar hingga danau yang indah.

Misalnya saja salah satu danau indah yang paling terkenal di Kalimantan adalah Danau Labuan Cermin. Melansir dari situs resmi Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur Danau Labuan Cermin dikenal dengan sebutan danau dua rasa.

Pasalnya danau ini memiliki air yang bagian atasnya terasa tawar namun pada bagian bawahnya terasa asin. Nama Labuan Cermin juga tidak terlepas dari air danaunya yang jernih sehingga seperti cermin.

Air danaunya bahkan sering terlihat berwarna biru sejernih kaca dengan pemandangan sekitar yang mempesona. Kejernihan danaunya juga bisa memantulkan bayangan layaknya cermin sehingga nama tersebut juga jadi latar belakang nama danaunya.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi juga sempat menuturkan bahwa danau Labuan Cermin merupakan destinasi wisata di Kalimantan yang harus dikunjungi. Mengingat keindahan danaunya yang mempesona.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Timur dan warga dunia untuk mengunjungi Labuan Cermin. Karena danau ini sangat indah,” kata Hadi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Danau Labuan Cermin

Seperti dijelaskan sebelumnya Danau Labuan Cermin terkenal sebagai destinasi wisata alam yang mempesona. Pasalnya danau ini terkenal dengan air danaunya yang biru jernih sehingga bisa memantulkan bayangan seperti kaca.

Labuan Cermin juga dikelilingi dengan pesona alamnya yang lain seperti pepohonan rindang berwarna hijau yang berpadu satu dengan air danaunya yang biru. Danau ini juga sudah ramai dikunjungi wisatawan dan beberapa foto hingga videonya viral di media sosial.

Danau ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki dua rasa yang berbeda pada airnya. Diketahui pada permukaan air danau terdapat rasa tawar sementara pada bagian dasarnya mempunyai rasa asin.

Sebagai informasi fenomena dua rasa tersebut dijuluki sebagai Meromictic Lake yaitu danau yang lapisan airnya tidak saling bercampur. Selain keindahan airnya yang jernih panorama di danau Labuan Cermin menjadikan tempatnya sebagai spot wisata yang menarik.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini mempunyai waktu buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00.

Para pengunjung yang datang dari pusat kota bisa menjelajahi Labuan Cermin melalui Balikpapan menuju Kabupaten Berau. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Tanjung Redeb dan ke Kecamatan Biduk-biduk.

Diketahui perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar enam jam atau tujuh jam menggunakan perjalanan jalur darat. Kemudian dari Kecamatan Biduk-biduk wisatawan bisa melanjutkan perjalanan mengikuti petunjuk arah menuju Danau Labuan Cermin.

Sebagai informasi untuk tiba di Danau Labuan Cermin pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga yang disediakan. Perjalananya biasanya untuk perjalanan pulang pergi dan bisa mengeluarkan tarif yang lebih murah jika berkunjung bersama rombongan.

Meskipun perjalanan yang dilalui akan cukup panjang tetapi wisatawan akan bisa menikmati keindahannya yang menghilangkan rasa lelah perjalanan.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Danau Labuan Cermin

Sebagai destinasi wisata alam tentunya Danau Labuan Cermin memiliki banyak daya tarik yang membuat banyak wisatawan ingin berkunjung ke danau ini. Salah satunya pesona air danaunya yang sejernih kaca menjadikan pemandangan alamnya semakin mempesona.

Kemudian area Danau Labuan Cermin juga dikelilingi dengan pepohonan yang rindang sehingga latar belakang ketika berfoto bisa jauh mempesona. Melansir dari situs Pemda Berau danau ini juga dikenal sebagai danau dua rasa yang unik.

Selain keunikan tersebut danaunya juga ramai dikunjungi pada waktu berlibur terutama untuk menikmati alam atau menikmati wisata air. Pengunjung bisa berfoto di atas perahu dengan pemandangan danau biru dan pepohonan rindang.

Bagi wisatawan yang gemar menyelam tempat ini juga menyediakan kegiatan diving atau snorkeling yang peralatannya bisa di sewa pada pihak pengelola wisata Danau Labuan Cermin atau melalui paket tour yang disewa untuk berlibur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat