uefau17.com

Kisah Cecep, Pemuda Sukabumi yang Viral Keliling Kampung Bersihkan Masjid dengan Sukarela - Regional

, Sukabumi - Cecep Abdullah (26) seorang pemuda yang jadi sorotan dan viral dengan aksinya keliling membersihkan toilet masjid yang kotor dan kumuh. Hingga kini, video yang dibagikan lewat sosial media itu telah ditonton jutaan kali lewat akun @cleaner_masjid.

Saat ditemui, Cecep menceritakan kisahnya melakoni kegiatan tersebut sejak tahun 2012 silam, saat itu usianya 14 tahun. Membersihkan toilet masjid tersebut dilakukan Cecep ketika menjadi santri di Ponpes At-Tibyan, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Sayangnya, dia tak menyelesaikan pendidikan di ponpes tersebut, lalu memilih merantau ke Jakarta. 

“Di sana tadinya ada teman yang ngajakin buat kerja tapi qadarullah sehari aja ketemu teman itu. Teman itu pulang, Cecep sendiri di situ bingung mau kemana akhirnya masjid lah tempat Cecep tidur,” ujar Cecep saat ditemui di kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Kamis (16/5/2024).

Saat merantau, pemuda bersihkan masjid itu dilakukan secara sukarela. Kegiatan itu biasa dilakukannya sebelum waktu azan. Dalam perjalanannya, Cecep mengaku sempat mendapat penolakan.

Pada usia 17 tahun, Cecep memutuskan kembali ke Sukabumi untuk mewujudkan niatnya menikahi seorang santriwati. Hingga pria kelahiran 1997 itu dikarunia dua orang anak. Meski telah menikah, Cecep berujar akan tetap melanjutkan kebaikan niatnya membersihkan toilet masjid.

“Kalau kendala pas bersihin masjid bukan nggak ada uang, tapi sempet nggak dapet izin. Karena mungkin masih ada marbot atau gimana jadi masih bisa sama marbotnya. 

Kalau dulu karena perlengkapannya minim banget bisa sampai 6 jam karena harus disiram lagi, disikat lagi pakai kawat. Itu sendirian, sampai saat ini pun sendirian,” ungkapnya.

Ditanya soal jumlah masjid yang telah disambangi untuk dibersihkan itu, Cecep menyebut jumlahnya tak terhitung. Dia pun berharap bisa mengelilingi masjid setiap daerah di Indonesia.

“Pernah satu WC yang masih ada kotorannya tapi Cecep ga merasa jijik sama sekali Cecep ga peduli seberapa kotor WC itu, tapi Cecep peduli saat orang keluar dari WC melihat mereka tersenyum bahagia,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pedagang Tahu Gejrot dan Cilok

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Cecep berjualan tahu gejrot dan cilok di Sukabumi. Aksi bersih-bersih toilet masjid tersebut dilakukannya di sela-sela kesibukan berjualan.

Dia juga tak menyangka, aksi bersih-bersih itu jadi sorotan hingga viral di sosial media. Cecep pun bertekad akan terus melakukan kegiatan tersebut, kendati telah banyak dikenal.

“Alhamdulillah mungkin viral ini ga seberapa sama doanya kedua orang tua kalau Cecep sendiri menanggapinya bahwa segala sesuatu harus dikerjakan ikhlas. Cecep sendiri awalnya ga tahu kalau video Cecep itu viral, yang pastinya Cecep akan melakukannya sampai Cecep nanti wafat,” ucapnya.

Dia menuturkan, dengan alat kebersihan seadanya, tak hanya toilet masjid yang dibersihkan. Tak jarang dirinya turut membersihkan halaman hingga area dalam masjid. 

“Jam 07.00 WIB pagi itu Cecep udah mulai keliling cari masjid yang WC nya kotor. Nah jam 11.00 WIB itu Cecep biasanya udah selesai jam 12.00 WIB istirahat lalu jam 15.00 WIB bada ashar Cecep mulai jualan dan tutup jam 8 malam,” ujarnya.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat