uefau17.com

Mengintip Pesona Danau Batur, Wisata Alam Indah di Kintamani Bali - Regional

, Bandung - Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam menarik yang bisa dikunjungi oleh pecinta alam. Mulai dari wisata pegunungan, perbukitan, air terjun, pantai, sungai, hingga wisata ke danau cantik.

Salah satu wisata yang paling populer dikunjungi oleh masyarakat adalah wisata ke danau. Pasalnya danau memiliki pemandangan alam yang indah dan biasanya dikelilingi oleh pemandangan seperti pegunungan, hutan, atau padang rumput.

Sebagai informasi danau sendiri merupakan badan air yang terbentuk secara alami atau buatan dan biasanya dikelilingi oleh daratan. Danau bisa ditemukan di beberapa negara dan memiliki ukuran hingga bentuk yang bervariasi.

Air di sekitar danau juga berasal dari aliran sungai, hujan, mata air, atau pencairan es. Kehadiran danau bagi suatu daerah biasanya memiliki peran yang penting terutama dalam ekosistemnya.

Danau bisa menjadi rumah untuk berbagai flora dan fauna serta membantu menjaga iklim lokal. Tempat ini juga populer sebagai tempat wisata karena wilayahnya yang memiliki pemandangan indah.

Airnya yang tenang dan jernih berpadu dengan pemandangan alam sekitar yang menjadikan suasana di sekitar danau terasa damai dan menenangkan. Salah satu danau cantik yang ada di Indonesia adalah Danau Batur.

Danau Batur dikenal sebagai danau terbesar di Pulau Bali yang mempunyai pemandangan indah berupa pegunungan dan pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi. Danau ini menjadi wisata alam yang menarik bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Bali selain pantainya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Danau Batur

Danau Batur berlokasi di Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali dan dikenal sebagai danau kaldera aktif yang berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Danau ini dikelilingi dengan panorama alam yang cantik.

Danaunya dikelilingi oleh pegunungan cantik dan pepohonan yang hijau sehingga suasana sekitarnya terasa sejuk hingga menyegarkan. Diketahui danau ini memiliki luas permukaan air sekitar 16,05 km2 dan kedalaman rata-rata 50,8 meter.

Mengutip dari Kemenlhk Bali Danau ini memiliki potensi yang besar untuk kehidupan manusia khususnya masyarakat Bali. Selain berfungsi sebagai ekologi dan kaya dengan keanekaragaman hayati danaunya juga menunjang kehidupan masyarakat sekitar.

Saat ini Danau Batur berpotensi sebagai pariwisata, perikanan, pertanian hortikultura, hingga fungsi lingkungan. Danaunya juga populer sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya yang memesona.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Rute ke Danau Batur

Pengunjung bisa mendatangi Danau Batur dari pusat Kota Denpasar dengan menempuh jarak sekitar 65 kilometer. Kemudian wisatawan yang dari Kuta atau bandara bisa menggunakan rute melalui Gianyar dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan menggunakan motor.

Sementara wisatawan yang datang dari Kota denpasar bisa memilih rute menuju Ubud dan melalui Jalan Raya Payangan. Perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan motor.

Harga tiket masuk ke Danau Batur juga cukup terjangkau sekitar Rp15.000 per orang untuk wisatawan lokal. Melalui harga tersebut pengunjung bisa menikmati pemandangan cantik Danau Batur atau bersantai di tepi danaunya.

Bagi wisatawan yang ingin menginap bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar Danau Batur seperti vila, resort, atau hotel.

4 dari 4 halaman

Pesona Danau Batur

Danau Batur menjadi salah satu tempat wisata menarik di Bali karena menyimpan pesona alam yang memukau. Danau ini menjadi spot menarik untuk berburu matahari terbit dan matahari terbenam.

Suasana alamnya yang masih asri dengan cuaca sejuk yang menyegarkan menjadikan Danau Batur ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga sudah berkembang dan menyediakan beragam fasilitas menarik untuk wisatawan.

Melansir dari beberapa sumber para pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas seperti mengunjungi kafe atau restoran di sekitar Danau Batur. Kemudian menyewa perahu untuk melihat pemandangan danau dengan sudut yang berbeda.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit juga bisa menyewa penginapan yang tersedia di sekitar Danau Batur. Terdapat beberapa vila, resort, hingga hotel dengan pemandangan cantik tidak jauh dari Danau Batur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat