uefau17.com

Merengek Dibelikan CBR150R dan Tolak CB150R, Malah Berujung Pulang Naik Honda Beat - Otomotif

, Jakarta - Sebuah video yang direkam dari telepon genggam pemilik showroom sepeda motor bekas menyorot seorang pemuda usia belasan yang masih duduk di bangku sekolah. Menurut narasi video tersebut, si Anak ngambek tak kesampaian dibelikan sang Ayah Honda CBR merah yang terlihat sebagai model Honda CBR150R K45G.

Meski tak sanggup membelikan CBR150R untuk si Anak, sang Ayah menghadapinya dengan tetap menjanjikan model lain, yakni Honda CB150R K15A, yang juga sama-sama dalam kondisi bekas.

Anak tersebut terlihat menunjukkan ekspresi murung tak terima ditawari CB untuk menggantikan CBR yang diidamkannya.

"Anaknya nggak mau, minta CBR yang LED," ujar pemilik showroom sembari merekam momen tersebut.

"Dananya kalau mau beli ini (CBR150R) enggak cukup, cukupnya beli yang ini (CB150R) katanya. Anaknya tapi enggak mau," imbuhnya menjelaskan.

Melihat reaksi penolakan dari anaknya, sang Ayah hanya bisa menyunggingkan senyum tipis dalam raut muka pasrah.

Karena tak dituruti membeli CBR150R generasi keempat tersebut, keduanya pulang dengan tangan kosong, men-starter skuter matic Honda Beat kepunyaannya untuk meninggalkan showroom. Yang artinya juga meninggalkan opsi Honda CB150R dari sang Ayah.

Tak diketahui persis berapa harga yang ditawarkan oleh showroom sepeda motor bekas tersebut untuk meminang CBR. Namun yang pasti, CB yang mengalami penolakan sejatinya justru bermesin lebih andal, walau memang secara tampilan kalah agresif.

Momen ini direkam pria pemilik showroom Safa Motor yang berlokasi di Jember, Jawa Timur. Rekaman itu sebelumnya diunggah ke akun TikTok pribadinya, @savamotor99, yang kemudian diunggah ulang ke platform Instagram oleh @hujatotomotif yang akhirnya viral dibanjiri beragam komentar warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Warganet

Akibat ulahnya, anak ini pun menuai beragam respon geram dari warganet di kolom komentar Instagram @hujatotomotif. Beberapa menyayangkan ulah si Anak hingga menyuruhnya untuk lebih bersyukur.

"Serius lu minta motor ke ortu?" ucap ***.juuu.

"Belikan BMX aja, Pak... Belum bisa hasilkan uang jangan dimanja... Nanti malah kebut2an kecelakaan lalu mati, cita2 gak tercapai malah tahlilan tujuh hari... 😟," sindir ***hendro.

"Harusnya bersyukur jadi anak masih ada orang tua yang mau nyanggupin untuk usahain kebutuhan anak nyaa.. banyak yg jalan nya gak sebaik kamu Mas, seharusnya yg ada di pikiran sekolah bener bener sampe tuntas lalu coba bekerja untuk bantu orang tua mu Mas InsyaAllah rejekimu lancar jika niatmu tulus untuk membantu orang tua," ujar ***ioyudanto__.

Sementara yang lainnya, justru membandingkan kedua kendaraan tersebut untuk mengunggulkan satu sama lainnya.

Kebanyakan meragukan mesin motor sport CBR150R K45G yang meski mengandalkan sistem mesin DOHC, tipe mesinnya square.

"Di kasih real DOHC malah minta DOHC HELLO KITTY😂," kata ***itadiguna.s

"Mending CB old sih, real DOHC," ***_id06 membubuhi komentar.

"Jngan kau bilangin the real DOHC percuma bocil taunya cuma pake dan gaya2an di dpan temennya, sisanya ya orang tua sendiri yang ngurusin smuanya...," nyinyir ***lx_95.

3 dari 5 halaman

Honda CBR150R K45G Vs Honda CB150R K15A

Jika dibandingkan, keduanya memanglah sepeda motor sport. Namun, salah satu darinya sering dibilang 'nanggung' oleh para penggemar sepeda motor.

Meskipun keduanya memiliki mesin berkapasitas 150 cc yang sama, yang juga menggunakan mesin 4 tak dengan sistem DOHC dengan 4 klep, karakter mesinnya berbeda.

CBR150R K45G yang merupakan generasi keempat dari seri tersebut, memiliki karakter mesin square, di mana langkah pistonnya sedikit lebih besar daripada diameter pistonnya. Profil diameter ada di 57,3 mm, sementara langkahnya 57,8 mm.

Tipe mesin ini memiliki tenaga yang hampir merata di semua tingkatan RPM, baik rendah maupun tinggi. Meski sebenarnya tidak sampai overstroke, tetapi performa motor sportnya terbilang nanggung. Karena tidak memaksimalkan tenaga di RPM tinggi.

Berbeda dengan CB150R K15A yang karakter mesinnya overbore, alias diameter pistonnya jauh lebih besar ketimbang langkah pistonnya. Lihat saja jika diameter piston mesin K15A berkuran 63,5 mm, langkahnya hanya 47,2 mm.

Setelan tipe mesin ini andal di putaran RPM tinggi yang akan memaksimalkan tenaga puncak di RPM menengah hingga tinggi. Beginilah karakter-karakter mesin motor sport pada umumnya.

Oleh karena ini, banyak penggemar yang menyebut mesin DOHC K15A sebagai real DOHC, ketimbang mesin K45G yang malu-malu di putaran tinggi. Bahkan penggemar di Indonesia menjuluki DOHC karakter square tersebut dengan DOHC Hello Kitty.

Namun demikian, bisa dipahami bahwa konfigurasi square tersebut ditujukan produsen untuk memberikan torsi dan tenaga yang lebih ngisi untuk pemakaian sehari-hari.

Meski begitu, berbicara tentang keluaran tenaga, sebenarnya K45G memproduksi sedikit lebih banyak. Keluaran maksimumnya sebesar 16,8 tenaga kuda sudah keluar di 9.000 RPM dan torsi 13,7 Nm-nya di 7.000 RPM. Sementara K15A mengeluarkan 16,8 tenaga kuda di 10.000 RPM dan torsi 13,1 Nm di 8.000 RPM.

4 dari 5 halaman

Perbandingan Ukuran dan Desain

Secara kasat mata, K45G lebih bongsor ketimbang K15A dan hampir mendekati CBR 250 R. Panjangnya 1.977 mm dengan lebar 711 mm, dan tinggi 1.117 mm, serta wheelbase 1.296 mm. Namun secara profil panjang dan lebar, K15A masih juara. Dirinya berprofil 2.008 x 719 x 1.061 mm dengan wheelbase 1.288 mm.

Secara desain memang gimik lekukan dan volume K45G lebih agresif mengingat K15A adalah naked bike.

Secara model, K45G lebih baru karena keluar di kisaran 2014-2015, sementara K15A di 2012-2013. Itu juga berpengaruh ke salah satu teknologi pencahayaannya. K45G sudah menganut LED penuh, sementara K15A masih menggunakan bohlam.

5 dari 5 halaman

Infografis Motor Listrik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat