uefau17.com

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik - Otomotif

, Jakarta - PT PLN (Persero) terus berupaya untuk memperluas ekosistem kendaraan listrik, terutama infrastruktur pengisian baterai. Terbaru, PLN bakal menyulap sebanyak 2.000 tiang listrik pada 2024 untuk dijadikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Director Retail and Commerce PT PLN Persero Edi Srimulyanti menjelaskan, nantinya mesin pengisian baterai kendaraan listrik ini akan ditanam di tiang besi, dan sudah dilakukan uji coba.

"Jadi, untuk itu ada yang 7 kw dan 22 kw dan itu sistem AC saja yang bisa. Kalau terlalu besar (dayanya) tidak bisa," jelas Srimulyanti, di sela-sela konferensi pers PEVS 2024, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Lanjutnya, untuk tiang listrik yang dijadikan SPKLU ini, sudah ada yang terpasang di depan Hotel Bidakara. Bagi yang ingin melakukan pengisian daya, kendaraannya memang diparkir berdekatan atau di depan tiang listrik tersebut.

"Iya, jadi kita taruh di tempat-tempat parkir yang memungkinkan. Tentu kita juga minta izin ya kepada pihak sekitar," jelasnya.

Saat ini, sudah ada tiga lokasi tiang listrik yang sudah disulap menjadi SPKLU. Untuk target tahun ini, adalah 2.000 unit tiang listrik yang diubah menjadi SPKLU. Sedangkan untuk pembayarannya, nanti akan menggunakan PLN Mobile.

"Sudah bisa dipakai umum, nantinya pembayaran dan mengatur pengisiannya menggunakan handphone (PLN Mobile) saja, jadi tinggal colok," tukasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Prototipe SPKLU PLN

Sementara itu, Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah merinci, saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi. Sebarannya yakni, dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Saat ini, terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

Selanjutnya akan dilakukan asessment dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging.

Chairani melanjutkan, berkat transformasi digital membuat keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan dengan bantuan SuperApp PLN Mobile.

Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat