uefau17.com

Nasib Suzuki S-Cross di Ujung Tanduk, Intip Calon Penggantinya - Otomotif

, Jakarta - Toyota India meluncurkan Toyota Urban Cruiser Hyryder beberapa waktu silam. SUV tersebut bertarung di segmen yang sama dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Mobil tersebut menawarkan berbagai keunggulan. Sebagai contoh adalah eksterior serba stylish, interior modern dan kaya dengan fitur, serta mesin hemat bahan bakar berteknologi hybrid.

Toyota Hyryder juga mempunyai kembaran dari Suzuki. Mobil ini masih dalam tahap pengembangan dan peluncurannya akan menyusul dalam waktu dekat. Yang menarik, versi Suzuki ini dikabarkan akan menggantikan satu model.

Dilansir autocarindia.com, Senin (11/7/2022), SUV kembaran Hyryder ini akan menggantikan posisi Suzuki S-Cross di India. Mobil tersebut sudah dijual di negeri Bollywood sejak tahun 2015 silam.

Pergantian ini terbilang wajar karena penjualan Suzuki S-Cross di India cukup terpuruk.

Sebagai contoh berdasarkan data penjualan compact SUV bulan Juni 2022 dari situs rushlane.com, S-Cross berada di posisi ketujuh dengan angka 697 unit. Total penjualan tersebut kalah jauh dibandingkan Hyundai Creta yang laris 13.790 unit dan KIA Seltos yang terjual 8.388 unit di bulan yang sama.

Dengan demikian, New S-Cross yang diperkenalkan akhir tahun 2021 lalu sudah dapat dipastikan tidak lagi dijual di India.

Sementara untuk Indonesia sendiri, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum mengungkap banyak terkait nasib S-Cross di tanah air. Berdasarkan data penjualan wholesales Gaikindo per bulan Mei 2022 kemarin, Suzuki S-Cross terjual sebanyak 28 unit.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding KIA Seltos sebanyak  21 unit, namun masih kalah dengan Honda HR-V yang mencapai 1.799 unit dan Hyundai Creta dengan jumlah 1.072 unit di bulan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Sekadar informasi, kembaran dari Toyota Hyryder ini digadang-gadang akan menyandang kembali nama "Grand Vitara", sebuah SUV 'berotot' dari Suzuki yang sempat bersaing dengan Honda CR-V dan Nissan X-Trail di masanya.

Namun versi terbaru buatan India ini dijual di kelas yang lebih kecil dan dirancang untuk penggunaan dalam kota.

Sama seperti Hyryder, Vitara terbaru akan menggunakan platform dan mesin yang sama. Artinya mobil ini tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 1.500cc Atkinson Cycle yang menghasilkan 92 hp dan torsi 122 Nm, dipadu dengan motor listrik dengan semburan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm.

Opsi berikutnya adalah mesin K15C berteknologi mild hybrid dengan Integrated Starter Generator (ISG). Jantung pacu ini menghasilkan output 103 hp dan torsi 137 Nm. Mesin ini juga digunakan pada Ertiga hybrid dan XL6 hybrid facelift di India.

Suzuki Vitara terbaru dijadwalkan meluncur pada tanggal 20 Juli 2022 mendatang di India.

Sumber: Otosia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat