uefau17.com

Sosialita Paris Hilton Melarang Anak-anaknya Memakai Smartphone, Kenali Bahayanya Bagi Mereka! - On Off

, Jakarta Tren orang tua yang khawatir dengan penggunaan smartphone oleh anak-anak mereka baru saja mendapatkan seorang tokoh yang tidak biasa: sosialita dan DJ Paris Hilton.

Pada acara Future of Everything Festival di Wall Street Journal, sang penggagas selfie ini mengatakan bahwa ia berencana untuk menjadi orang tua yang “ketat” dan tidak ingin anak-anaknya yang masing-masing berusia 1 tahun dan 6 bulan menggunakan smartphone ataupun media sosial.

“Saya akan mencoba untuk tidak membiarkan mereka memiliki ponsel untuk sementara waktu,” ujar Hilton, 43 tahun, sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Jumat (31/05/2024).

“Beberapa dari anak-anak ini baru saja mendapatkan ponsel di usia yang terlalu muda, dan ada begitu banyak hal di dunia maya yang saya tidak ingin anak-anak saya terpapar olehnya.”

Hilton tidak sendirian dalam berpikir bahwa smartphone dapat menyebabkan kerusakan pada anak-anak.

Dalam buku barunya “Generasi yang Cemas: Bagaimana Perubahan Besar pada Masa Kanak-kanak Menyebabkan Epidemi Penyakit Mental,” penulis Johnathan Haidt membuat argumen bahwa penggunaan media sosial yang konstan telah menyebabkan epidemi penyakit mental di kalangan Gen Z.

Peneliti utama Haidt dan seorang ilmuwan peneliti di NYU-Stern School of Business, Zach Rausch, mengatakan bahwa anak-anak yang mengakses media sosial dan iPhone di sekolah dasar dan menengah melaporkan tingkat kecemasan dan depresi yang lebih tinggi.

“Efek terbesar dari media sosial terjadi pada masa pubertas, terutama pada masa pubertas awal,” katanya. “Usia 9 hingga 15 tahun adalah usia dimana bahaya paling signifikan terlihat paling jelas.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Melindungi Anak Dari Cyberbullying dan Depresi Akibat Media Sosial

Untuk mengatasi perundungan, tekanan sosial akibat sering dibanding-bandingkan dengan remaja sebayanya, dan depresi pada remaja, Haidt dan Rausch memberikan empat tips:

  • Tidak memberikan smartphone untuk anak-anak sebelum sekolah menengah. Cukup berikan mereka ponsel flip di sekolah menengah.
  • Tidak ada media sosial sebelum usia 16 tahun.
  • Buatlah sekolah-sekolah bebas dari smartphone.
  • Berikan anak-anak lebih banyak waktu bermain dan bebas eksplorasi, termasuk waktu istirahat yang lebih banyak dan lebih baik.

“Tidak ada bukti yang jelas bahwa memberikan anak-anak akses ke media sosial sejak dini akan lebih baik dalam mempersiapkan mereka menghadapi masa dewasa,” kata Rausch. “Yang terjadi adalah bahwa produk-produk ini justru berbahaya.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat