uefau17.com

Momen Jokowi Salat di Masjid Presiden Joko Widodo Abu Dhabi - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Masjid Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungan kenegaraannya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (17/7/2024).

Kunjungan ini dilakukan usai Jokowi disambut secara kenegaraan di Qasr Al Watan oleh Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ.

Baca Juga

  • VIDEO: Presiden Jokowi Berkunjung dan Jadi Imam Salat di Masjid Joko Widodo Abu Dhabi

Jokowi tiba di masjid sekitar pukul 14.20 waktu setempat dan langsung mengambil wudu. Setelah itu, Jokowi masuk ke area salat laki-laki dan melaksanakan salat sunah tahiatul masjid.

Selepas mengerjakan salat sunah dua rakaat, Jokowi kemudian menjadi imam dan memimpin salat zuhur dan asar secara jamak qasar. Dalam salat tersebut tampak ikut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazrouei, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, dan Dubes UEA untuk RI Abdullah Salem Al Dhaheri.

Selepas melaksanakan salat fardu, Jokowi berdoa bersama yang dipimpin oleh Chairman Awqaf (General Authority of Islamic Affairs and Endowments), Omar Habtoor Al Darei.

Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan momen bersejarah. Sebab, ini kali pertama Jokowi berkunjung ke masjid yang diberi nama atas nama Presiden Jokowi.

"Sejak diresmikan pada 14 Desember 2023, ini adalah kali pertama Bapak Presiden dapat mengunjungi dan melaksanakan salat di masjid yang diberi nama dengan nama beliau, yang merupakan penghormatan atas kontribusi beliau dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan PEA," jelas Husin Bagis dikutip dari siaran pers, Kamis (18/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikatan Persahabatan

Dia menyampaikan kehadiran Jokowi di masjid ini bukan hanya simbol penghormatan, tetapi juga cerminan dari kuatnya ikatan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara.

Husin berharap kerja sama Indonesia-UEA dalam berbagai bidang dapat semakin meningkat. Termasuk di bidang energi dan infrastruktur, serta kerja sama antar dai dan imam dalam mempromosikan Islam yang moderat.

"Semoga kunjungan ini makin memperkuat hubungan baik yang telah terjalin dan membawa berkah bagi kedua bangsa," ujar Husin.

3 dari 3 halaman

Mengenai Masjid Presiden Joko Widodo

Sebagai informasi, Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi terletak di area diplomatik Abu Dhabi dan dilalui Jalan Presiden Joko Widodo. Masjid Joko Widodo dapat menampung sekitar 2.500 jemaah.

Masjid tersebut berdiri di atas tanah seluas lebih kurang 3.766 meter persegi dan dibangun dengan pendanaan dari pihak UEA. Masjid tersebut mulai dibangun pada November 2021 hingga Oktober 2023 dan diresmikan pada 14 Desember 2023.

Kehadiran Masjid Presiden Joko Widodo menjadi simbol kedekatan Indonesia dan UEA setelah adanya Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi. Sebaliknya, di Indonesia disimbolkan oleh kehadiran Masjid Syekh Zayed Solo dan Jalan Tol Layang MBZ.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat