uefau17.com

Tiba di Abu Dhabi, Jokowi Disambut Presiden MBZ di Bandara Zayed - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Internasional Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa, 16 Juli 2024 sekitar pukul 18.30 waktu setempat, usai menempuh perjalanan udara selama 8,5 jam.

Kedatangan Jokowi terasa istimewa karena Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menyambut langsung di bandara tersebut.

Di bawah tangga Pesawat Kepresidenan Indonesia, Presiden MBZ langsung menyalami Presiden Jokowi.

Tampak juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Al Mazrouei, Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis, Duta Besar PEA untuk RI Abdulla Salem Al Daheri, serta Atase Pertahanan RI di Abu Dhabi Brigadir Jenderal Muhammad Irawadi turut menyambut Presiden Jokowi.

Dari Bandara Internasional Zayed, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama kunjungan di Abu Dhabi. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju hotel, jalanan Abu Dhabi dimeriahkan dengan kehadiran umbul-umbul bendera Indonesia dan PEA.

Setibanya di hotel, Jokowi disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang sudah tiba terlebih dahulu.

Dalam kunjungan kenegaraan ke UEA, Jokowi diagendakan untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden MBZ di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kerja sama kedua negara, utamanya dalam bidang ekonomi dan investasi.

"Dalam pertemuan dengan Presiden MBZ nanti saya antara lain akan membahas mengenai berbagai upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi yang strategis. Tentunya kerja sama-kerja sama ini akan dilanjutkan implementasinya pemerintah baru nantinya," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Selasa, 16 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Akan Bahas Soal IKN

Jokowi juga akan membahas soal investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantam Timur. Selain itu, dia akan melakukan pertemuan dengan para pengusaha.

"Akan ada penandatabganan MoU B to B (bussines to bussines) yang disaksikan pemerintah," jelasnya.

Saat MBZ berkunjung ke Indonesia pada Rabu 24 Juli 2019 silam, Jokowi juga menyambut langsung kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Saat itu, MBZ masih berstatus sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata PEA.

Momen tersebut merupakan kali kedua Jokowi menjemput tamu negara langsung di bandara. Selain MBZ, Jokowi sebelumnya juga menjemput Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia pada 1 Maret 2017 silam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat