uefau17.com

PKS Luncurkan Alat Ukur Ketahanan Keluarga - News

, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) menggelar seminar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024.

Seminar ini mengangkat tema "Menakar Keluarga Berkualitas di Rumah Kita". 

Hadir sebagai narasumber pada seminar ini yaitu Wirianingsih (Ketua Komisi Ketahanan Keluarga MPP PKS), Pendeta Sonnya M. Uniplaita (Ketua Biro Perempuan dan Anak Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) dan Eko Yuliarti (Ketua Departemen Ketahanan Keluarga BPKK DPP PKS).

Ketua BPKK DPP PKS, Kurniasih Mufidayati, menjelaskan bahwa seminar ini juga merupakan tindak lanjut dari Kongres Keluarga Indonesia (KKI) ketiga yang telah digelar satu tahun lalu (29/7/2023). 

"KKI III menghasilkan beberapa rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti. Dan seminar ini adalah bagian dari tindak lanjutnya yaitu PKS terus berkontribusi untuk mendorong dan meningkatkan pembangunan keluarga Indonesia," ujar Kurniasih.

Wakil ketua Komisi IX DPR RI ini menegaskan bahwa seminar ini diharapkan melahirkan indikator untuk mengukur ketahanan keluarga Indonesia menuju tercapainya keluarga berkualitas. Indikator ini bisa diteruskan oleh Fraksi PKS DPR RI kepada stakeholder terkait.

Dia menambahkan alat ukur yang dirumuskan terdiri dari dimensi spiritual, fisik ekonomi, psikologis, dan sosial dengan total 55 item pernyataan.  

"Harapannya alat ukur KK RKI ini bisa  melengkapi Indeks Kualitas Keluarga (IKK) yang dimiliki Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) serta  iBangga yang dimiliki BKKBN," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangkan Ketahanan Keluarga

Kurniasih pun menambahkan bahwa PKS dengan visi partai Islam rahmatan lil alamin merangkul seluruh pihak lintas agama, lintas suku, dan budaya untuk berkolaborasi.

"Mari kita satukan langkah untuk mewujudkan ketahanan keluarga di Indonesia," tutupnya.

Pendeta Sonnya yang memberikan materi tentang keluarga berkualitas dalam tinjauan agama kristen ini menyampaikan kesan baiknya terhadap PKS yang terus konsisten memperjuangkan ketahanan keluarga.

"Saya terkesan dengan PKS karena menurut saya PKS ini adalah partai Islam yang konsisten dan kredibel. Saya juga melihat beberapa tahun belakangan ini, tokoh-tokoh PKS khususnya di BPKK sangat gencar memperjuangkan ketahanan keluarga," ujar Sonnya.

Ia menyebut hal ini adalah contoh baik yang patut untuk ditiru oleh elemen bangsa yang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat