uefau17.com

Menko Airlangga: Pemberhentian PPKM Masih Dievaluasi - News

, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih melakukan evaluasi terkait penghentian kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikan Airlangga usai menghadiri rapat terbatas PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (28/12/2022).

"Nanti 1-2 hari kita evaluasi (soal pencabutan PPKM)," kata Airlangga kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Menurut dia, kajian serologi terkait penghentian PPKM baru keluar pada minggu ketiga Januari 2023. Airlangga pun meminta semua pihak untuk menunggu hasil kajian tersebut.

"Hasil kajian masih minggu ketiga bulan Januari," ujarnya.

Airlangga belum dapat memastikan apakah PPKM masih akan berlanjut atau tidak. Dia menyampaikan bahwa keputusan soal PPKM akan diumumkan sendiri oleh Presiden Jokowi.

"Nanti diumumkan sendiri oleh presiden. Tunggu harinya," ucap Airlangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Akan Hentikan PPKM

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan menghentikan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), yang menjadi kebijakan penanganan Covid-19 di Indonesia. Hal ini seiring menurunnya kasus harian Covid-19.

"Dan hari ini kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200. Dan mungkin nanti akhir tahun, kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," kata Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023 di Jakarta, Rabu 21 Desember 2022.

Dia menunggu kajian dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Kementerian Kesehatan soal pencabutan PPKM. Jokowi memberikan target kajian tersebut harus selesai minggu ini.

"Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya," jelas Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Jokowi mengatakan nantinya dirinya akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait penghentian PPKM yang selama ini menjadi kebijakan penanganan Covid-19 di Indonesia. Untuk itu, dia meminta agar kajian soal penghentian PPKM rampung minggu ini.

"Sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini," ujar Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat