uefau17.com

Panduan Langkah Demi Langkah dalam Merawat Rambut Rontok Parah - Lifestyle

, Jakarta Cara mengatasi rambut rontok berlebih dapat dilakukan dengan banyak cara. Tapi, dari manakah harus memulai kegiatan perawatan rambut rontok dan kering ini? Buat yang masih bingung, coba baca dulu panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok yang ada di sini. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih tahu dan paham apa saja berbagai cara agar rambut tidak rontok yang efektif.

Permasalahan rambut seperti kerontokan sendiri merupakan hal biasa yang kerap terjadi. Meski begitu, kehadirannya tentu saja dapat mengganggu penampilan dan bahkan kesibukan sehari-hari. Bikin dilema lagi, karena kerontokan yang terjadi pada rambut juga sering bikin diri sendiri minder dan tidak betah untuk diam berlama-lama di tempat yang banyak orangnya.

Oleh karena itulah, buat kamu yang merasakan hal seperti ini, jangan diam saja dan mulailah melakukan panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok. Panduan ini melibatkan penggunaan beragam produk untuk mengatasi rambut rontok hingga perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok. Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak yang berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah

Sebelum masuk ke panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok, ada baiknya bila kamu mengetahui apa saja penyebab rambut rontok parah pada umumnya. Beberapa penyebab rambut rontok parah memang ada yang berasal dari penggunaan produk perawatan yang salah. Misalnya saja produk tersebut tidak cocok dengan jenis kulit atau bahkan memiliki kandungan kimia keras dan berbahaya. Inilah mengapa, penting buat kamu agar selalu memperhatikan setiap produk untuk mengatasi rambut rontok.

Selain itu, penyebab rambut rontok parah juga bisa berasal dari makanan yang disantap sehari-hari. Ketika sedang dalam masa perawatan, setidaknya jaga asupan makanan untuk mengurangi rambut rontok. Bila makanan yang masuk ke dalam tubuhmu tidak diperhatikan dengan baik, maka risiko terjadinya kerusakan rambut seperti kerontokan pun bukan lagi jadi hal yang mustahil. Makanan-makanan yang berminyak, terlalu manis, serta terlalu asin nyatanya dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. 

Penyebab rambut rontok parah lainnya bisa pula berasal dari kebiasaan buruk seperti begadang, jarang olahraga, hingga mengonsumsi alkohol serta merokok. Di sisi lain, kerontokan rambut pun dapat terjadi akibat efek samping konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit tertentu, hingga perawatan medis tertentu. 

3 dari 3 halaman

Panduan Langkah Demi Langkah dalam Merawat Rambut Rontok

Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Hasilnya pun bisa sangat efektif, asal kamu melakukannya dengan benar, rajin, dan penuh ketekunan. Lantas, apa saja ragam cara mengatasi rambut rontok berlebih tersebut?

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut dengan Benar

Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok bisa dimulai dari menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut dengan benar. Tahukah kamu bahwa kepala yang bersih dapat menghindarkan rambut dari berbagai macam permasalahan. Mulai dari ketombe, rambut kering, kusam, hingga rambut rontok. 

Nah, untuk cara mengatasi rambut rontok berlebih ini bisa kamu lakukan dengan keramas yang rutin menggunakan sampo khusus rambut rontok dan kering. Pilih produk untuk mengatasi rambut rontok yang memiliki kemampuan menghidrasi dan membersihkan secara maksimal. Lalu, cek pula kandungan di dalam sampo yang ada pada kemasan produk. Hal ini bertujuan untuk menghindari produk yang mengandung bahan-bahan kimia keras dan berbahaya.

2. Menjaga Kelembapan Pada Kulit Kepala dan Rambut

Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok berikutnya dapat dilakukan dengan menjaga kelembapan pada kulit kepala dan rambut. Cara agar rambut tidak rontok seperti ini penting untuk dilakukan, karena kegunaannya untuk menjaga rambut tetap sehat dan terbebas dari berbagai permasalahan. Untuk yang satu ini, cobalah menggunakan kondisioner, masker rambut, dan minyak rambut.

Beragam produk untuk mengatasi rambut rontok tersebut dipercaya dapat memberikan dan mengunci kelembapan pada kulit kepala serta rambut. Selain itu, ingatlah untuk memilih produk-produk yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambutmu ya, biar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Selamat mencoba!

3. Sesekali Melakukan Eksfoliasi Pada Kulit Kepala

Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok dapat dicoba dengan melakukan eksfoliasi pada kulit kepala. Sesekali, cobalah melakukan kebiasaan satu ini. Sebab, manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan eksfoliasi pada kulit kepala ada banyak. Di antaranya seperti membersihkan pori-pori kulit kepala dari kotoran dan minyak yang menumpuk, membersihkan ketombe, hingga mengangkat sel-sel kulit mati.

Asal kamu tahu berbagai manfaat tersebut dapat berujung pada rambut yang lebih sehat, indah, dan kuat. Oleh karena itulah, jangan pernah menganggap sepele cara agar rambut tidak rontok yang satu ini. Nah, buat yang ingin mencobanya, kamu dapat menggunakan scrub halus atau produk untuk mengatasi rambut rontok yang serupa dengan itu. Lakukan kegiatan eksfoliasi ini dengan rutin atau kira-kira dua minggu hingga sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

4. Memberikan Nutrisi Lewat Vitamin Rambut

Produk untuk mengatasi rambut rontok yang satu ini juga tidak kalah penting dalam kesuksesan merawat kerusakan rambut, seperti kerontokan. Yup, apalagi kalau bukan vitamin untuk rambut rontok parah. Merawat kerusakan rambut dengan vitamin untuk rambut rontok parah diyakini efektif dalam memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Sebab, di dalam produk ini biasanya terkandung nutrisi seperti biotin (Vitamin B7), vitamin E, dan asam lemak omega-3.

Selain itu, vitamin untuk rambut rontok parah pun dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru, terutama vitamin A, C, dan D. di sisi lain, penggunaan vitamin rambut yang kaya akan antioksidan nyatanya juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif (salah satu penyebab rambut rontok) pada kulit kepala dan rambut. 

Nah, antioksidan ini bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel-sel rambut dan kulit kepala. Dengan mengurangi stres oksidatif, vitamin rambut tentu dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan.

5. Gunakan Bahan-bahan Alami 

Jangan lupa juga untuk mengatasi rambut rontok parah secara alami. Cara mengatasi rambut rontok pria dan wanita seperti ini dinilai memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satu keunggulan utama menggunakan bahan alami adalah minimnya risiko efek samping. Ya, bahan-bahan alami seperti aloe vera, minyak kelapa, serta minyak zaitun dianggap lebih lembut di kulit kepala dan rambut. Sehingga, risiko iritasi ataupun permasalahan lainnya akan dapat diminimalisir. 

Selain itu, mengatasi rambut rontok parah secara alami juga dapat diandalkan untuk memberikan ragam nutrisi esensial bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Misalnya, lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu memperbaiki sel-sel kulit mati di kulit kepala serta mendorong pertumbuhan rambut. Sementara itu, minyak zaitun kaya akan antioksidan yang melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

6. Tidak Memakai Alat Styling Rambut dengan Berlebihan

Menghindari penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering menjadi cara mengatasi rambut rontok berlebih selanjutnya. Pemakaian alat-alat tersebut memang dapat memberikan hasil yang memuaskan dan membantu kamu tampil lebih percaya diri. Namun, di balik kegunaannya, ternyata terdapat sejumlah bahaya yang bisa merusak kesehatan rambut dan kulit kepala. Mulai dari merusak struktur rambut, mengurangi kelembapan rambut, hingga menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Inilah mengapa, penting untuk menghindari penggunaan alat styling rambut yang berlebihan. Apalagi bila kamu tak ingin membuat rambut rontok dan kering. Akan tetapi, apabila benar-benar harus menggunakannya, cobalah untuk mengaplikasikan vitamin untuk rambut rontok parah yang dilengkapi dengan heat protector. Ini bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok pria dan wanita yang efektif serta dapat dicoba dengan mudah.

7. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Cara agar rambut tidak rontok berikutnya adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik. Olahraga misalnya, dapat memberikan beragam dampak positif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya, dalam mengatasi rambut rontok parah secara alami. 

Berolahraga sendiri dapat meningkatkan sirkulasi darah. Ketika berolahraga, detak jantung meningkat dan darah mengalir lebih efisien ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Aliran darah yang baik ke kulit kepala sangat penting karena darah membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut untuk tumbuh dengan sehat. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, folikel rambut mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup, sehingga dapat mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Cara mengatasi rambut rontok pria dan wanita seperti ini memang dapat dikatakan gampang. Sebab, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dan tanpa modal sedikitpun. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, berenang, atau yoga. Berbagai jenis olahraga tersebut dipercaya dapat mencegah dan sekaligus merawat rambut rontok dan kering dengan efektif. 

8. Menjaga Pola Tidur yang Baik

Mengatasi rambut rontok parah secara alami pun dapat dilakukan dengan menjaga pola tidur yang baik. Ketika tidur, hormon pertumbuhan seperti melatonin diproduksi dalam jumlah yang lebih tinggi. Hormon ini berperan penting dalam merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan pada sel-sel folikel rambut. Itulah mengapa, dengan tidur yang cukup, folikel rambut dapat berfungsi lebih optimal, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut baru serta mengurangi rambut rontok dan kering.

9. Menjaga Pola Makan yang Baik

Cara mengatasi rambut rontok berlebih yang terakhir bisa diterapkan dengan menjaga pola makan yang baik. Wajib kamu ketahui bahwa makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh dapat memberikan ragam nutrisi baik untuk bantu merawat kerusakan pada rambut, termasuk kerontokan. Makanan untuk mengurangi rambut rontok seperti sayur-sayuran dan buah-buahan misalnya, memiliki berbagai vitamin serta mineral yang dapat memproduksi sebum dan bikin kulit rambut lebih lembap.

Selain itu, aneka ikan laut, biji-bijian, hingga susu dan produk olahannya juga bisa dianggap sebagai makanan untuk mengurangi rambut rontok. Sebab, berbagai makanan tersebut kaya akan protein, yang pada dasarnya dapat berfungsi untuk memperbaiki kerusakan rambut dan membuatnya jadi lebih indah dan sehat. Untuk itulah, perhatikan setiap makanan yang kamu santap agar terhindari dari masalah  rambut rontok dan kering.

Well, itu dia beberapa cara mengatasi rambut rontok pria dan wanita yang dapat dicoba. Melakukan ragam cara agar rambut tidak rontok memang memerlukan kesabaran dan ketekunan. Tetapi, hasil yang bisa dirasakan ke depannya pun pasti juga tak akan mengecewakanmu. Selamat mencoba!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat