uefau17.com

Turis Asing Ugal-Ugalan di Bali: Mabuk, Mencuri Truk, Menabrak Motor dan Menerobos Bandara - Lifestyle

, Jakarta - Wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing belum berhenti berulah di Bali. Kali ini seorang warga negara asing (WNA) yang diuduga dari Inggris menerobos masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menggunakan sebuah truk dan membuat panik pengunjung bandara.

Ia akhirnya ditangkap oleh petugas bandara. Pria itu diketahui membawa truk curian, menabrak motor dan kemudian masuk ke dalam bandara. Kejadian itu membuat geram sejumlah pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga

"Tentu kami marah dan kecewa dengan kejadian ini. Jadi turis ini katanya mencuri truk dalam keadaan mabuk, lalu menabrak beberapa kali di jalan dan masuk ke bandara. Itu berapa banyak pasal dan aturan yang dilanggar dan orangnya sudah ditangkap oleh polisi," kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya dalam Weekly Press Briefing di kantor Kementerian Pariwisaata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (10/6/2024).

"Kami dapat infop katanya WNA ini orang Inggris. Saya kaget juga karena selama ini setahu saya orang-orang Inggris ini behave banget, makanya saya heran kenapa bisa sampai seperti ini,” sambungnya. Ia menambahkan, pria WNA itu belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam keadaan mabuk dan sementara ditahan di kepolisian Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kejadian pada hari Minggu, 9 Juni 2024 itu diawali dengan aksi WNA itu mencuri sebuah truk yang sedang diparkir di sebuah toko di Raya Kerobokan, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Truk Menabrak Portal Bandara

Saat itu korban memarkirkan kendaraannya lantaran ingin tidur. Korban mendengar mesin kendaraan menyala dan terbangun, lalu pelaku langsung memukul korban dan menendang korban keluar kendaraan. Pelaku kemudian mengemudikan truk secara ugal-ugalan hingga menabrak sejumlah kendaraan.

Truk akhirnya dapat dihentikan usai menabrak portal Bandara I Gusti Ngurah Rai di dekat terminal keberangkatan internasional. Menurut General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Handy Heryudhitiawan juga mengatakan bahwa WNA tersebut dalam kondisi mabuk menerobos ke terminal internasional sampai merusak fasilitas bandara seperti portal masuk dan tiang pembatas.

"Ia menggunakan truk dengan menabrak palang tollgate (portal masuk) dan fasilitas lainnya, seperti tiang pembatas lepas terlihat dalam video yang beredar di media sosial,” kata dia di Denpasar, Senin, dikutip dari Antara.

Handy menjelaskan kejadian WNA menerobos ke Bandara I Gusti Ngurah Rai terjadi pada Minggumalam sekitar pukul 22.00 Wita, dimana turis asing tersebut datang mengendarai truk berwarna kuning bermuatan gabah.

"Pengemudi truk yang merupakan WNA tersebut sempat berlari menuju lobi keberangkatan internasional, tapi berhasil dicegah petugas airport security," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Berdampak pada Operasional Bandara

 

Diketahui video aksi WNA tersebut beredar di media sosial sejak Senin pagi tadi. Handy mendapat informasi bahwa warga asing itu berasal dari Inggris namun belum dapat dipastikan lebih jauh sebab saat ini masih ditangani pihak kepolisian.

Setelah berhasil ditangani pihak keamanan bandara malam tadi, WNA itu diamankan Polres Kawasan Bandara untuk penyelidikan, dan saat ini diarahkan ke Polsek Kuta Utara, sebab truk yang digunakan adalah hasil perampasan di wilayah Kuta Utara.

Meski fasilitas bandara mengalami kerusakan seperti pada salah satu portal masuk dan tiang pembatas trotoar, Handy menegaskan tidak ada dampak operasional atas kejadian tersebut. Handy menyebut Bandara Ngurah Rai memiliki enam portal masuk untuk kendaraan roda empat, sehingga tidak mempengaruhi akses pengguna layanan.

Selain itu dari catatannya, meski datang dengan ugal-ugalan dan di bawah pengaruh alkohol, tidak ada kendaraan pribadi maupun masyarakat di area bandara yang tertabrak.

4 dari 4 halaman

Pelaku Masih Jalani Pemeriksaan

 

"Atas kejadian ini, kami mengalami beberapa kerugian kerusakan fasilitas namun tidak mengganggu operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai yang tetap dapat berjalan normal," terang Handy.

Sementara itu, Kepolisian Sektor Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali menangkap WNA asal Inggris bernama Damon Anthony Alexander Hills (50) karena diduga merampas sebuah truk bermuatan gabah milik warga.  Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Teguh Priyo Wasono di Badung, Bali, Senin mengatakan WNA tersebut ditangkap di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama dengan barang bukti sebuah truk warna kuning dengan nomor polisi AB 8084 BC.

"Pelaku sudah diamankan di Polsek Kuta Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," katanya.

Sedangkan Kasi Humas Polres Badung Ipda Putu Sukarma pada Senin, mengatakan WNA asal Inggris itu hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Polsek Kuta Utara. Keadaan pelaku masih belum stabil

"Sementara belum diketahui mengingat pelaku masih linglung, dan rencananya hari ini akan dilakukan pemeriksaan," katanya saat ditanya terkait motif dari pelaku merampas truk.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat